Text
PENGARUH IN-STORE LIVE STREAMING PADA MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP NIAT PEMBELIAN KONSUMEN SECARA OFFLINE
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh in-store live streaming pada media sosial TikTok terhadap niat pembelian konsumen secara offline. Dengan menggunakan kerangka teori Stimulus-Organism-Response (SOR), penelitian ini mengeksplorasi pengaruh berbagai faktor stimulus, seperti informativeness, entertainment, para-social relationship, dan inspiration, terhadap sikap konsumen terhadap streamer dan produk yang dipromosikan, yang selanjutnya memengaruhi niat pembelian offline. Data diperoleh melalui survei terhadap 280 responden pengguna TikTok di Indonesia yang telah menonton live streaming produk properti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel-variabel stimulus memiliki pengaruh signifikan terhadap sikap konsumen, baik terhadap streamer maupun produk. Sikap ini memediasi hubungan antara stimulus dan niat pembelian offline. Penelitian ini memberikan kontribusi teoretis pada literatur pemasaran digital, khususnya dalam konteks live streaming, serta menawarkan implikasi praktis bagi pemasar dalam memanfaatkan fitur live streaming untuk mendorong pembelian offline. Penelitian ini juga mengidentifikasi peran penting live streamer non- influencer dalam memengaruhi keputusan konsumen, memberikan perspektif baru pada penelitian sebelumnya yang lebih terfokus pada influencer.
30007530 | 7530 | RLC MM (Rak Tesis) | Available |
No other version available