Text
PENGARUH MOTIVASI PELAYANAN PUBLIK, BERBAGI PENGETAHUAN DAN IKLIM ORGANISASIONAL TERHADAP PERILAKU KERJA INOVATIF: PERAN MEDIASI PEMBERDAYAAN PSIKOLOGIS STUDI PADA PEGAWAI ORGANISASI PENGELOLA KEUANGAN NEGARA
Adanya tuntutan masyarakat akan perubahan layanan pemerintah menjadi lebih cepat dan efisien membuat organisasi pemerintah harus bisa memberikan pelayanan dengan lebih baik. Dengan adanya inovasi maka organisasi pemerintah akan tetap dapat beradaptasi terhadap perubahan. Menggunakan payung self-determination theory dan social exchange theory, penelitian ini memiliki tujuan untuk melihat bagaimana pengaruh dari motivasi pelayanan publik, berbagi pengetahuan dan iklim organisasional terhadap perilaku kerja inovatif yang dimediasi oleh pemberdayaan psikologis di ranah organisasi publik. Data penelitian diambil secara primer dan sekunder melalui kuesioner elektronik dan laporan, dokumen pemerintah, aturan serta jurnal yang ada. 928 data terkumpul dari seluruh responden, setelah itu dilakukan pembersihan untuk data tidak valid dan outlier sehingga terdapat 824 data valid yang kemudian diolah untuk penelitian. Model analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modelling dengan menggunakan aplikasi lisrel. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi pelayanan publik, iklim organisasional dan pemberdayaan psikologis secara signifikan dan positif mempengaruhi perilaku kerja inovatif pegawai, dan pemberdayaan psikologis memediasi positif hubungan antara keseluruhan variabel yang ada. Sedangkan berbagi pengetahuan berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap perilaku kerja inovatif. Penelitian ini memberikan kontribusi di bidang manajemen sumber daya manusia terkait faktor yang perlu diperhatikan pimpinan di sektor publik dalam menumbuhkan perilaku kerja inovatif pegawainya.
30007543 | 7543 | RLC MM (Rak Tesis) | Available |
No other version available