Text
PENGARUH PRICE SENSITIVITY, PRICE LEVEL PERCEPTION, EMOTIONS TOWARD SUPERMARKET, DAN SERVICE QUALITY PERCEPTION TERHADAP REPURCHASE INTENTION: STUDI PADA KONSUMEN SUPERINDO DI JABODETABEK
Industri ritel di Indonesia terus berkembang pesat, terutama di segmen supermarket yang menjadi pilihan utama konsumen untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga. Meskipun tren digitalisasi dan e-commerce semakin berkembang, supermarket tetap menjadi pilihan utama karena menawarkan kemudahan, aksesibilitas, dan produk berkualitas. Namun, perkembangan ini juga memberikan tantangan bagi ritel modern, seperti Superindo, yang harus memahami faktor-faktor yang memengaruhi repurchase intention konsumen sebagai kunci bagi ritel modern untuk mempertahankan pelanggan dan meningkatkan profitabilitas jangka panjang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh price sensitivity, price level perception, emotions toward supermarket, dan service quality perception terhadap repurchase intention di kalangan konsumen Superindo cabang Jabodetabek. Penelitian ini menyoroti peran service quality perception terhadap repurchase intention, suatu aspek yang masih jarang dieksplorasi dalam penelitian sebelumnya. Sesuai dengan tujuan penelitian tersebut, dan untuk menguji 20 hipotesis, maka penelitian ini menggunakan metode survei kuantitatif dengan responden sejumlah 245 orang, di mana kuesioner disebarkan melalui Google Form kepada konsumen yang pernah berbelanja di Superindo. Responden dipilih menggunakan metode purposive sampling untuk memastikan mereka memiliki pengalaman relevan dengan konteks penelitian. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa price sensitivity marginally significant terhadap repurchase intention, dan berpengaruh positif signifikan terhadap perception of cheapness dan positive emotions toward supermarket, serta negatif signifikan terhadap perception of expensiveness dan negative emotions toward supermarket. Perception of cheapness dan service quality perception memiliki pengaruh positif signifikan terhadap repurchase intention, perception of cheapness juga memiliki pengaruh positif signifikan terhadap positive emotions toward supermarket dan service quality perception. Perception of expensiveness menunjukkan pengaruh positif signifikan terhadap negative emotions toward supermarket, negatif signifikan terhadap service quality perception dan marginally significant terhadap repurchase intention. Positive emotions toward supermarket marginally significant terhadap repurchase intention. Dalam pengaruh tidak langsung, price sensitivity melalui price level perception memiliki pengaruh marginally significant terhadap repurchase intention. Ada 10 hipotesis yang supported dari total 20 hipotesis. Temuan ini diharapkan memberikan wawasan penting bagi manajemen ritel untuk mempertimbangkan strategi harga dan pemasaran yang berfokus pada aspek emosional dan persepsi kualitas konsumen.
30007565 | 7565 | RLC MM (Rak Tesis) | Available |
No other version available