Text
PENGARUH ENVIRONMENTAL KNOWLEDGE DAN SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP PURCHASE INTENTION LAYANAN RE.UNIQLO STUDIO: STUDI PADA GENERASI Z DAN MILENIAL DI JABODETABEK
Industri fashion saat ini telah menjadi industri yang paling berpolusi kedua di dunia dalam hal mengancam lingkungan dan sumber daya. Hal tersebut dikarenakan proses produksi yang melibatkan penggunaan bahan kimia berbahaya, konsumsi air yang tinggi, serta limbah tekstil yang tidak terkelola dengan baik, semakin memperburuk kondisi lingkungan. Industri fashion diharapkan lebih memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan juga masyarakat, sehingga proses bisnis yang dilakukan dapat memberikan kontribusi pada lingkungan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi konsumen dalam memberikan pengaruh terhadap keputusan konsumen dalam melakukan niat pembelian terhadap layanan Re.uniqlo studio. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain survei. Data dikumpulkan melalui kuesioner dari 191 responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling, dengan kriteria mengetahui brand Uniqlo dan layanan Re. Uniqlo berusia 19-43 tahun di Jabodetabek. Data diolah menggunakan SmartPLS 3 dengan metode PLS-SEM. Penelitian ini menguji sembilan hipotesis terkait pengaruh Social Responsibility dan Environmental Knowledge terhadap Trust, Attitude, Perceived Consumer Effectiveness, dan Purchase Intention pada layanan re.uniqlo di kalangan Generasi Z dan Milenial di Jabodetabek. Hasilnya menunjukkan Social Responsibility berpengaruh positif dan signifikan terhadap Trust, Attitude, dan Perceived Consumer Effectiveness. Sebaliknya, Environmental Knowledge tidak berpengaruh signifikan terhadap Trust dan Attitude, tetapi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Perceived Consumer Effectiveness. Selanjutnya, Trust terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap Purchase Intention, sementara Attitude tidak berpengaruh signifikan terhadap Purchase Intention dan Perceived Consumer Effectiveness berpengaruh positif dan signifikan terhadap Purchase Intention. Hal ini ini menunjukkan bahwa konsumen yang memiliki kesadaran tinggi terhadap isu-isu sosial dan lingkungan cenderung memilih merek yang memiliki kebijakan tanggung jawab sosial yang jelas dan berdampak positif. Faktor tanggung jawab sosial perusahaan, seperti program keberlanjutan, kontribusi terhadap pelestarian lingkungan, dan dukungan terhadapkomunitas, menjadi pertimbangan penting dalam keputusan pembelian. Hal ini terutama berlaku pada Generasi Z dan Generasi Milenial yang semakin peduli terhadap nilai-nilai sosial dan lingkungan dalam memilih produk. Kepercayaan terhadap merek juga memainkan peran krusial, dimana konsumen cenderung lebih memilih merek yang mereka anggap dapat dipercaya untuk memenuhi janji-janji sosial dan lingkungan yang mereka buat.
30007566 | 7566 | RLC MM (Rak Tesis) | Available |
No other version available