Text
PENGARUH PERSEPSI KEMEWAHAN TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN : PERAN FITUR LAYANAN OBJEKTIF & PERSEPSI SUBYEKTIF (STUDI PADA KONSUMEN SEKOLAH MEWAH)
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi kemewahan layanan jasa sekolah terhadap perilaku pembelian layanan jasa mewah di sektor pendidikan formal, khususnya sekolah prestise di Indonesia. Persepsi kemewahan dikaji melalui faktor harga, kualitas layanan, prestise, pengalaman istimewa, serta eksklusivitas (moneter, sosial, dan hedonis). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain kausal dan metode survei pada orang tua murid sekolah mewah di Jabodetabek.
Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas layanan, harga layanan, need for uniqueness (prestise), dan pengalaman istimewa memiliki pengaruh signifikan terhadap pembentukan persepsi kemewahan yang berdampak pada keputusan pembelian. Sebaliknya, faktor eksklusivitas moneter, sosial, dan hedonis memiliki pengaruh yang lebih rendah atau tidak signifikan.
Penelitian ini memberikan kontribusi praktis bagi pengelola sekolah mewah dalam menyusun strategi pemasaran, dengan menekankan pentingnya kombinasi antara elemen objektif dan subjektif untuk menarik konsumen. Secara akademis, penelitian ini memperluas pemahaman tentang persepsi kemewahan dan perilaku pembelian dalam konteks layanan jasa.
30007569 | 7569 | RLC MM (Rak Tesis) | Available |
No other version available