RLC MM FEB-UI

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of EVALUASI ATAS KEPUASAN PENGGUNA LAYANAN LELANG INDONESIA MENGGUNAKAN ANALISIS SENTIMEN DAN PENAMBANGAN TEKS PADA ULASAN PENGGUNA

Text

EVALUASI ATAS KEPUASAN PENGGUNA LAYANAN LELANG INDONESIA MENGGUNAKAN ANALISIS SENTIMEN DAN PENAMBANGAN TEKS PADA ULASAN PENGGUNA

HIDAYAT, NURUL - Personal Name; MARPAUNG, JONATHAN N. - Personal Name;

Studi ini mengevaluasi kepuasan pengguna terhadap ekosistem layanan Lelang Indonesia yang disediakan oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Negara - Kementerian Keuangan berdasarkan analisis sentimen dan penambangan teks ulasan pengguna. Penilaian dan ulasan yang terdapat pada Google Play Store dan ulasan dari Customer Relationship Management (CRM) institusi digunakan sebagai dataset ulasan pengguna. Penelitian ini menggunakan metode leksikon dan machine learning untuk melakukan analisis sentimen. Beberapa teknik penambangan teks juga digunakan untuk mendapatkan detail tema dan topik berbagai isu yang dialami pengguna.

Penelitian ini menemukan bahwa sebagian besar pengguna layanan Lelang Indonesia menyampaikan sentimen positif pada sistem Customer Relationship Management internal. Sebaliknya, sebagian besar pengguna aplikasi seluler menyampaikan ulasan negatif pada halaman aplikasi Google Play. Melalui analisis ulasan tersebut, juga diidentifikasi berbagai isu/topik, terutama yang terkait dengan teknis aplikasi dan proses bisnis layanan yang perlu mendapat perhatian dan tindak lanjut dari institusi. Temuan penelitian ini memberikan alternatif metode bagi institusi untuk mengevaluasi kepuasan pengguna terhadap layanan lelang yang ditawarkan dan sebagai salah satu bahan untuk perbaikan layanan tersebut secara proaktif di masa mendatang sesuai dengan harapan pengguna. Studi ini berkontribusi pada bidang evaluasi kepuasan layanan publik sehingga lembaga publik dapat mengevaluasi layanan secara real-time berdasarkan sentimen ulasan dari pengguna layanannya.


Availability
300075757575RLC MM (Rak Tesis)Available
Detail Information
Series Title
-
Statement of Responsibility
Nurul Hidayat
Call Number
7575
Publisher
Salemba, Jakarta : Magister Manajemen FEB UI., 2025
Collation
xi, 128 p. : ill. ; 30 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
650
Content Type
-
Edition
-
Subject(s)
Tesis
Big Data
Manajemen Pemasaran
Text Mining
Public Sector
Sentiment Analysis
Service Evaluation
Lelang Indonesia
Specific Detail Info
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment

RLC MM FEB-UI
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

RLC MM-FEBUI (Library) occupies the right side of the ground floor of the MM FEB UI Building with a reading room capacity of more than 60 people.
 
The MM-FEB UI library service system is closed (closed access); where the user does not have direct access to the collection shelf. Or in other words, users are not allowed to take their own books from the collection shelf

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject


© 2025 — RLC MM FEB UI

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search