Text
APAKAH SOCIAL MEDIA MARKETING MENDORONG LOYALITAS PELANGGAN INDONESIA PADA ECO-BEAUTY PRODUCTS?
Aktivitas social media marketing pada eco-beauty products telah banyak dilakukan oleh pelaku bisnis di Indonesia untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap isu lingkungan dan intensi pembelian. Namun, loyalitas pelanggan atas produk tersebut masih cenderung rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh social media marketing (SMM) terhadap loyalitas pelanggan berupa eco-beauty products continuous purchase intention (CPI). Model penelitian dikembangkan dari Theory of Planned Behavior (TPB) yang diintegrasikan dengan Stimulus-Organism-Response (SOR) Theory, dengan penambahan variabel SMM sebagai anteseden, dan perceived green product knowledge (GPK), environmental concern (ENC), dan satisfaction (SAT) sebagai mediator. Penelitian dilakukan di Indonesia menggunakan kuesioner yang ditargetkan pada responden pengguna media sosial aktif berusia 18-44 tahun yang pernah membeli eco-beauty products. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode PLS-SEM. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa SMM tidak memiliki pengaruh signifikan secara langsung terhadap CPI. Namun, SMM memiliki pengaruh kuat secara signifikan melalui mediasi dari GPK, ENC, ketiga dimensi TPB, dan SAT. Penelitian ini memberikan kontribusi secara teoritis melalui pemahaman pengaruh SMM terhadap loyalitas pelanggan eco-beauty products berdasarkan pengembangan model TPB. Secara praktis, penelitian ini memberikan wawasan mengenai strategi SMM yang efektif untuk mendorong pembelian eco-beauty products secara kontinu.
| 30007700 | 7700 | RLC MM (Rak Tesis) | Available |
No other version available