Text
ANALISIS PREFERENSI PENJUAL TERHADAP SISTEM PEMBAYARAN CASHLESS DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) PADA UKM XYZ
Perkembangan teknologi memberikan ruang dalam penggunaan pembayaran cashless pada platform digital. Kurangnya pemanfaatan fitur pada platform digital memicu fluktuasi laba rugi pada perusahaan. Oleh karena itu, pentingnya preferensi pengguna merasakan nilai tambah dengan melakukan transaksi secara online seperti efisiensi waktu, memberikan informasi mengenai promosi produk dan jasa, kemudahan penggunaan fitur pada aplikasi, dan transaksi real time termasuk keamanan data digital pengguna terjaga. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis preferensi penjual terhadap metode pembayaran cashless pada Usaha Kecil dan Menengah (UKM) XYZ, Fokus penelitian ini adalah data selama 2025, dengan tujuan untuk menganalisis preferensi penjual terhadap online payment yang digunakan dalam transaksi. Melalui penerapan model Analytical Hierarchy Process (AHP) dengan software Superdecision 2.10.0, penelitian ini menganalisis metode pembayaran yang paling menguntungkan menurut preferensi penjual. Dalam proses pengambilan keputusan metode AHP menggunakan multi kriteria sebagai bahan pertimbangan dengan memberikan bobot (weighted) pada setiap kriteria. Hasil analisis AHP menunjukkan ranking pada sistem pembayaran online yang digunakan UKM XYZ yaitu GoPay pada posisi pertama dengan persentase 28,89% diikuti dengan QRIS dengan persentase 26,85% , pembayaran Grab dengan 18,62%, ShopeePay dengan persentase 14,12% dan mesin EDC dengan 11,52%. Setelah itu, penelitian dilanjutkan dengan analisis sensitivitas dimana analisis ini akan memberikan responsivitas penjual dalam menghadapi perubahan bobot kriteria, sehingga manajemen mampu membuat strategi yang robust dan agile. Hasil dari uji sensitivitas menunjukan kriteria biaya menjadi kriteria yang paling sensitive diantara kriteria lainnya diikuti dengan berurutan kriteria transaksi real time, promosi, dan kemudahan penggunaan fitur. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan pertimbangan yang mendalam bagi UKM XYZ dalam meningkatkan daya saing dan stategi bisnis yang responsif terhadap perubahan kondisi pasar.
| 30007719 | 7719 | RLC MM (Rak Tesis) | Available |
No other version available