Text
PENGARUH ELEMEN BRANDING MARKETING 4.0 PADA CUSTOMER SATISFACTION DAN REPURCHASE INTENTION: PERAN MEDIASI PERCEIVED VALUE DI INDUSTRI RUMAH SAKIT INDONESIA
Perkembangan era digital telah mendorong transformasi strategi pemasaran di berbagai sektor, termasuk layanan kesehatan. Marketing 4.0 memperkenalkan pendekatan yang menggabungkan dimensi digital dan human-centric dengan penekanan pada interaktivitas dan pengalaman pelanggan. Penelitian ini mengkaji pengaruh elemen branding dalam Marketing 4.0 yaitu Brand Identity, Brand Image, Brand Integrity, dan Brand Interaction terhadap Customer Satisfaction dan Repurchase Intention dengan Perceived Value sebagai variabel mediasi di industri rumah sakit di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei terhadap 282 responden, dan analisis dilakukan menggunakan Covariance-Based Structural Equation Modeling (CB-SEM) melalui software AMOS. Hasil analisis menunjukkan bahwa semua elemen branding berpengaruh positif dan signifikan terhadap Customer Satisfaction dan Perceived Value. Selanjutnya, Perceived Value terbukti memediasi secara signifikan pengaruh elemen branding terhadap Customer Satisfaction dan Repurchase Intention. Selain itu, Customer Satisfaction dan Perceived Value secara langsung meningkatkan Repurchase Intention.
Temuan ini memperkuat validitas kerangka Marketing 4.0 dalam sektor layanan kesehatan dan menegaskan pentingnya membangun pengalaman merek yang autentik, konsisten, dan bernilai bagi pasien. Secara teoretis, studi ini memberikan kontribusi terhadap literatur pemasaran strategis dalam layanan jasa khususnya rumah sakit berbasis digital. Secara praktis, hasil penelitian ini memberikan implikasi manajerial bagi rumah sakit dalam merancang strategi pemasaran yang holistik dan terintegrasi untuk meningkatkan loyalitas pasien di tengah dinamika pasar yang kompetitif.
| 30007770 | 7770 | RLC MM (Rak Tesis) | Available |
No other version available