Text
PENGARUH PENGUNGKAPAN IKLAN PADA KREDIBILITAS INFLUENCER TERHADAP NIAT BELI KONSUMEN PADA KONTEN TIKTOK PRODUK MAKANAN DAN MINUMAN : PERAN MEDIASI KREDIBILITAS
Studi ini bertujuan untuk menguji dampak pengungkapan iklan terhadap kredibilitas influencer yang terdiri dari tiga dimensi: keterpercayaan, keahlian, dan daya tarik dan pengaruhnya terhadap niat pembelian konsumen. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif konklusif dengan desain stimulus dua kelompok (stimulus pengungkapan dan non-pengungkapan), data dikumpulkan melalui kuesioner daring dari 411 responden berusia 18–34 tahun, berdomisili di Indonesia, aktif di media sosial, dan memiliki pengalaman sebelumnya terlibat dengan konten influencer dan membeli makanan/minuman daring. Hasilnya, dianalisis menggunakan PLS-SEM dengan 5000 bootstrap, dan multi group analysis menunjukkan bahwa pengungkapan iklan secara signifikan memengaruhi keterpercayaan, daya tarik, dan keahlian. Lebih jauh, keterpercayaan dan daya tarik memiliki efek positif yang signifikan terhadap niat pembelian, sementara pengaruh keahlian hanya signifikan dalam kelompok non pengungkapan. Efek mediasi signifikan melalui keterpercayaan dan daya tarik, dengan keahlian menunjukkan mediasi bersyarat. Temuan ini menyoroti pentingnya transparansi dan kredibilitas pribadi dalam strategi pemasaran influencer, sekaligus menggarisbawahi perlunya pedoman regulasi yang lebih jelas tentang pengungkapan iklan di lingkungan media sosial.
| 30007780 | 7780 | RLC MM (Rak Tesis) | Available |
No other version available