Text
PERSEPSI PEMBACA TERHADAP BUKU TERBITAN PENERBIT-PERCETAKAN KANISIUS (KASUS BUKU AGAMA)
Di masa krisis ini, ada anggapan bahwa buku-buku agama semakin banyak dibaca orang, karena berbagai masalah yang dihadapinya menyebabkan orang berpaling ke pendekatan agama, tempat rasa aman serta ketenangan batin bisa didapatkan. Menyimak pemikiran tersebut, dapat dipahami bila buku-buku agama semakin dicari dan dibutuhkan. Hal itu juga yang mendorong Penerbit-Percetakan Kanisius untuk terus menerbitkan buku-buku agama, jenis buku yang sejak dahulu menjadi andalannya. Setidaknya, begitulah yang ditangkap Kanisius berdasarkan hasil penjualan buku-buku agamanya. Bagaimana persepsi para pembaca sendiri, apakah mereka sudah merasa puas dengan buku yang mereka baca, hal demikian perlu diteliti lebih lanjut. Oleh karena itu, penelitian ini memiliki tujuan untuk mendapatkan gambaran yang lebih dalam mengenai persepsi pembaca terhadap buku-buku terbitan Penerbit-Percetakan Kanisius, khususnya buku-buku agama, sehingga Penerbit-Percetakan Kanisius dapat mempertimbangkan upaya-upaya tertentu agar dapat mengembangkan usahanya di masa mendatang.
Setelah melakukan penelitian eksploratori dengan menggunakan metode Focus Group Discussion (FGD) bersama 8 orang pembaca tetap buku-buku agama terbitan Penerbit-Percetakan Kanisius, diperoleh 10 atribut utama yang menjadi pertimbangan untuk membaca buku agama, yaitu tampilan cover/halaman depan, tema/judul, ilustrasi/gambar penunjang, pembahasan, pengarang, segi bahasa, harga, mutu kertas (baik cover maupun isi), layout/tata letak, dan mutu cetakan. Penelitian dilanjutkan dengan melakukan penelitian deskriptif melalui penyebaran kuesioner untuk mengetahui persepsi pembaca terhadap buku agama terbitan Penerbit-Percetakan Kanisius berdasarkan atribut-atribut yang didapat dari riset eksploratori, dan metode analisis data menggunakan analisis frekuensi, analisis mean score, analisis tabulasi silang, dan analisis cluster.
Hasil yang diperoleh dari penelitian tersebut adalah: secara umum, persepsi pembaca (terwakilkan oleh 200 responden yang mengisi kuesioner) terhadap kualitas buku agama terbitan Penerbit-Percetakan Kanisius adalah baik, dan persepsi mereka terhadap Penerbit-Percetakan Kanisius sebagai penerbit buku-buku agama adalah baik. Rata-rata pembaca memandang kesepuluh atribut di atas dengan kategori penting, sedangkan tiga atribut yang menurut mereka paling / sangat penting adalah tema/judul yang menarik, pembahasan yang bermutu, serta segi bahasa yang mudah dicerna. Sepuluh atribut di atas diperjelas dengan subatribut-subatribut, di mana sebagian besar responden mengatakan setuju terhadap kesepuluh atribut yang dijabarkan ke dalam subatribut tersebut.
30002035 | 2035 | RLC MM (Server RLC) | Available |
No other version available