Text
KUALITAS JASA (SERVICE QUALITY) SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN PT. PANN MULTI FINANCE (PERSERO) DALAM INDUSTRI LEASING SEKTOR MARITIM
Untuk mengetahui kualitas jasa leasing PT. PANN MF pada saat ini, penulis melakukan penelitian/analisis tentang seberapa besar tingkat kesenjangan kualitas jasa leasing PT. PANN MF dibandingkan dengan ekspektasi target konsumemnya, untuk mengetahui penerapan strategi bisnisnya di masa datang. Metode penelitian yang dipergunakan adalah memakai penelitian kuantitatif yang berbentuk deskriptif, yang didahului dengan interview penulis dengan beberapa nasabah PT. PANN MF untuk mengetahui atribut-atribut penting bagi sebuah layanan leasing. Setelah atribut-atribut tersebut diperoleh maka disusun kedalam kuesioner dan langkah berikutnya adalah menyebarkan kuesioner untuk memperoleh informasi data apakah terdapat kesenjangan (gap) tentang kualitas jasa berdasarkan ekspektasi dan persepsi konsumen terhadap jasa leasing PT. PANN MF. Penelitian juga melibatkan observasi atau pengamatan penulis terhadap keadaan internal perusahaan berdasarkan pengalaman bekerja di PT. PANN MF selama 20 tahun.
Hasil analisis menunjukan bahwa telah terjadi kesenjangan kualitas jasa leasing PT. PANN MF dibandingkan ekspektasi target konsumennya, hal tersebut di indikasikan dengan seluruh atribut jasa leasing PT. PANN MF ternyata kinerjanya masih berada dibawah ekspektasi target konsumennya. Terdapat beberapa atribut yang harus segera diperbaiki karena kinerjanya underperformed berdasarkan analisis matriks importance-performance. Di samping itu juga diperlukan penyempurnaan pengelolaan perusahaan dengan mempergunakan manajemen modern pada segala bidang.
Penelitian ini memiliki keterbatasan yang dikarenakan sempitnya waktu yang dimiliki penulis, kesibukan para narasumber, serta tersebarnya responden di seluruh wilayah Indonesia. Responden merupakan populasi yang berjumlah 28 perusahaan nasional dari berbagai jenis yang merupakan nasabah PT. PANN MF saat ini.
Dari keseluruhan hasil analisis dan observasi penulis, diharapkan PT. PANN MF segera melakukan perbaikan-perbaikan dalam pengelolaan bisnisnya. Atribut-atribut yang underperformed segera dilakukan kajian mendalam dan di implementasikan untuk mempersempit atau menghilangkan kesenjangan yang ada. Sedangkan perbaikan pengeloaan bisnisnya harus segera dibenahi dengan mempergunakan manajemen modern pada bidang keuangan, pemasaran, sistem operasi, sumber daya manusia, dalam mendukung keunggulan strategi penciptaan nilai jasa melalui peningkatan kualitas jasa.
30002051 | 2051 | RLC MM (Server RLC) | Available |
No other version available