Text
EVALUASI PASCA IKLAN TERHADAP EFEKTIFITAS PESAN IKLAN POPOK BAYI MAMY POKO DI TELEVISI
Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa hanya sebagian dari pesan yang diterima dengan benar oleh konsumen, yaitu mengenai daya serap tinggi yang dapat menahan kebocoran (72.5%). Sebagian lagi, yaitu mengenai kemampuan bersirkulasi udara tidak sepenuhnya dipahami (0.98%). Jadi dapat dikatakan bahwa tayangan dan
narasi yang digunakan untuk menerjemahkan pesan daya serap yang menahan kebocoran berhasil diterima dengan baik oleh responden. Sebaliknya tayangan dan narasi yang digunakan untuk menerjemahkan mengenai sirkulasi udara tidak berhasil diterima dengan baik oleh responden.
Iklannya sendiri nampak cukup disukai. Responden menyukai iklan MamyPoko terutama karena kelucuan bayi yang menjadi modelnya (65.7%), bukan karena diapernya itu sendiri (17.1%). Hampir semua responden (95%) menyatakan tidak ada hal-hal yang tidak disukai dari iklan ini. Namun demikian, iklan dirasa cukup efektif, dengan sejumlah 75% responden yang menyatakan ingin mencoba produk diaper ini. Bahkan sebanyak 82% responden mau merekomendasikan produk ini kepada orang lain. Image paling kuat yang timbul setelah melihat iklan ini antara lain adalah: Daya serap tinggi, popok nyaman dipakai dan menjaga kulit bayi tetap kering. Strategi periklanan yang dilakukan oleh diaper MamyPoko cukup berhasil dalam hal komunikasi dan media, karena iklan sudah disampaikan melalui tayangan iklan TV yang cukup menarik dan ditayangkan dalam vehicle yang sesuai dengan target konsumennya. Namun dalam hal strategi pesan, iklan ini belum sepenuhnya berhasil, karena tidak semua pesan dapat dipahami responden.
30002055 | 2055 | RLC MM (Server RLC) | Available |
No other version available