Text
STRATEGI PEMASARAN KORAN STUDI KASUS KORAN TEMPO
Penelitian ini dilakukan secara kuantitatif maupun kualitatif. Penelitian kuantitatif didasarkan kepada hasil Survei Media 2002 yang dilakukan oleh Biro Riset Pemasaran Mars, suatu lembaga riset independen yang merupakan salah satu anggota dari CIC Consulting Group. Adapun penelitian kualitatif dilakukan melalui wawancara dan observasi, selain ditunjang melalui studi kepustakaan.
Hasil survei dan analisis memperlihatkan bahwa Koran Tempo yang sejak awal memposisikan diri sebagai penantang Kompas, pada beberapa karakteristik berhasil menempatkan diri pada segmen pembaca yang relatif sama dengan Kompas. Namun, dilihat dari perbedaan jumlah pembaca Kompas yang lebih banyak sekitar 43 kali dari jumlah pembaca Koran Tempo, tampaknya Koran Tempo tidak cukup sukses dalam menjalankan penetrasinya.
Persamaan profil dan perilaku di antara kedua pembaca koran tersebut terdapat pada latar belakang pendidikan SMA, mayoritas pembaca berada di Jabotabek, komposisi gender yang berimbang, jenis tiga pekerjaan mayoritas ibu rumah tangga-PNS-mahasiswa, kepemilikan rumah mayoritas hak milik, pola pembelian koran eceran, dan perilaku ritual membaca koran pada pagi dan siang hari mayoritas di rumah. Selain persamaan tersebut, ditemukan juga beberapa perbedaan yang cukup siginifikan di antara kedua profil pembaca Kompas dan Koran Tempo yaitu status sosial-ekonomi, komposisi usia pembaca, profil psikografis, jumlah pelanggan, loyalitas pembaca rutin, dan penyediaan anggaran koran. Koran Tempo memiliki jalur distribusi yang sama dengan Kompas.
30002057 | 2057 | RLC MM (Server RLC) | Available |
No other version available