Text
SCORING SYSTEM UNTUK PENILAIAN KREDIT KONSUMEN STUDI KASUS DI PT BANK XYZ, TBK
Tahapan pengembangan model adalah memberikan kuesioner, mengembangkan model untuk penilaian kelayakan, melakukan validasi model. Dalam pengembangan model diperoleh score table. Score table dipakai sebagai alat mengkuantitatifkan data-data debitur. Untuk keperluan penggunaan scoring system diperlukan Cutoff score sebagai tolok ukur pengambilan keputusan. Penentuan cutoff score berdasarkan tingkat approval yang sudah diperoleh dengan kondisi manual. Berdasarkan pengolahan data menggunakan model yang diperoleh Cutoff score sebesar 108.
Penulis mencoba memberikan saran kepada PT XYZ, tbk yaitu melakukan pencatatan terhadap keputusan manual dan keputusan model. Pencatatan tersebut ditujukan untuk perbaikan model. Disamping pencatatan hasil scoring, PT XYZ, tbk sebaiknya memonitoring besarnya kredit bermasalah, apabila kredit bermasalah semakin meningkat, PT XYZ, tbk memperketat keputusan dengan cara menetapkan tingkat cutoff score yang dipakai dalam keputusan kredit. Scoring system ini merupakan salah satu alat Bantu kan salah satu alat pengambilan keputusan sehingga PT XYZ, tbk harus melengkapi kebijakan-kebijakan yang belum diakomodasi dalam scoring ini. Saran terakhir dari penulis adalah melakukan review model yang diperoleh minimal setahun sekali.
30002078 | 2078 | RLC MM (Server RLC) | Available |
No other version available