Text
STRATEGI PEMASARAN GLOBAL PRODUK MELAMINE (STUDI KASUS PT. DSM KALTIM MELAMINE)
PT. DSM KALTIM Melamine (DKM) sebagai perusahaan joint venture antara tiga perusahaan: DSM Melamine B.V. (perusahaan Belanda, pemegang saham sebesar 60%), PT. Pupuk Kalimantan Timur Tbk. (pemegang saham sebesar 20%) dan PT. Barito Pacific Lumber Company (pemegang saham sebesar 20%) saat ini sedang menghadapi persaingan global dari para kompetitornya. DKM dan para kompetitornya bersaing merebut pasar melamine di Asia Pasifik dalam kondisi yang kurang menguntungkan. Seperti kita ketahui bersama, Asia masih melakukan recovery dari krisis moneter di tahun 1997. Selain itu sejumlah serangan teroris di beberapa belahan dunia juga turut mempengaruhi perekonomian dunia.
Untuk mempertahankan posisinya sebagai market leader di dalam pasar melamine di Asia Pasifik, DKM perlu menerapkan strategi pemasaran global produk melamine yang tepat. Untuk itu perlu dianalisis strategi pemasaran global yang diterapkan oleh DKM berdasarkan analisis situasi (eksternal dan internal). Analisis strategi pemasaran global produk melamine ini meliputi strategi segmentasi pasar dan penetapan pasar sasaran, strategi penempatan produk dan strategi bauran pemasaran. Strategi pemasaran merupakan usaha perusahaan dengan menggunakan tiga kekuatan strategis yang dikenal dengan 3C: customer, competition dan corporation untuk melakukan diferensiasi yang lebih tepat daripada pesaingnya dengan menggunakan kekuatannya untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dalam suatu lingkungan persaingan tertentu. Analisis terhadap elemen-elemen strategis dan lingkungan serta diikuti oleh penentuan sasaran pemasaran dilakukan sebelum menyusun strategi pemasaran.
30002080 | 2080 | RLC MM (Server RLC) | Available |
No other version available