Text
STRATEGI BANK X DALAM MEMASARKAN PRODUK E-BANKING UNTUK PELANGGAN KORPORASI DI INDONESIA
Masalah utama yang dihadapi oleh bank X dalam memasarkan produk e-banking di Indonesia adalah makin banyaknya bank asing dan lokal yang memiliki produk e-banking, masih kurangnya sarana pendukung infrastruktur internet dengan bandwidth yang cukup yang dimiliki oleh pelanggan korporasi, tuntutan pengguna mengenai produk e-banking yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan korporasi, serta kurangnya pengetahuan pengguna tentang komputer dan aplikasi internet.
Pembahasan kali ini memiliki tujuan utama yaitu mencari strategi bisnis yang terbaik bagi bank X agar dapat memenangkan persaingan dalam pemasaran produk e-banking dan sekaligus mengatasi permasalahan yang dapat menghambat proses pemasaran produk e-banking bagi pelanggan korporasi. Metode penelitian yang dilakukan adalah dengan pengumpulan data primer melalui pengisian kuesioner oleh pelanggan korporasi mengenai produk e-banking bank X maupun beberapa bank pesaingnya. Hal yang menjadi fokus penelitian terutama meliputi apa yang menjadi kekurangan e-banking bank X dibanding bank pesaing serta kondisi ideal yang diharapkan pelanggan dalam menggunakan e-banking bank X. Sedangkan pengumpulan data sekunder dilakukan melalui study literature dari kepustakaan, textbook, media massa, dan bahan-bahan perkuliahan untuk mendapatkan landasan teori dalam penelitian ini.
Hasil analisis menunjukkan bahwa bank X tetap menjadi market leader dalam bidang e-banking untuk pelanggan korporasi di Indonesia. Sedangkan posisi bank X sebagai salah satu pemasar produk e-banking termasuk dalam tahap stabilitas karena selain sebagai pelopor e-banking di Indonesia, juga telah menjadi market leader sejak e-
banking diperkenalkan di Indonesia. Strategi yang dilakukan oleh bank X adalah dengan menerapkan bauran pemasaran yang terdiri dari product, price, promotion, dan place (distribution).
30002082 | 2082 | RLC MM (Server RLC) | Available |
No other version available