Text
ANALISIS PENGGUNAAN JASA GLOBAL OUTSOURCING (STUDI KASUS: GLOBAL HELPDESK-IT PT. DSM KALTIM MELAMINE)
Pembahasan dalam karya akhir ini adalah penggunaan jasa global outsourcing yang dilakukan oleh PT. DSM KALTIM Melamine (DKM), pada fungsi teknologi informasinya. Analisis yang dilakukan terhadap fungsi yang sama di dalam
perusahaan dengan yang sudah di-outsource dibandingkan dengan yang belum di-outsource. Juga terhadap keputusan melakukan outosurcing yang datang bukan karena kebutuhan perusahaaan tetapi karena keputusan dari pemegang saham.
DKM merupakan perusahaan joint venture antara Indonesia dengan Belanda, status hukumnya di Indonesia sebagai PMA. Saham DKM dimiliki oleh DSM Melamine BV (DSM) dari Belanda sebesar 60%, PT. Pupuk Kalimantan Timur
(Indonesia) sebesar 20% dan PT. Barito Pacific Lumber Company (Indonesia) juga dengan saham sebesar 20%. Proyek pendirian DKM dimulai sejak tahun 1991 dan mulai memasuki tahap produksi pada tahun 1997. DKM harus mempunyai satu jenis produk yaitu bubuk melamine, produk ini bukan merupakan produk akhir. Bubuk melamine ini dijual sebagai bahan baku untuk industri lain, terutama laminate, kayu lapis dan perekat. DSM sendiri
mempunyai unit-unit produksi melamine di Belanda dan Amerika. Produk dari DKM dijual ke wilayah Asia Pasifik.
30002084 | 2084 | RLC MM (Server RLC) | Available |
No other version available