Text
PENENTUAN POSISI HARGA JUAL TOYOTA AVANZA DENGAN METODE CEP
Kebutuhan akan sarana transportasi semakin lama semakin meningkat seiring dengan pertumbuhan ekonomi. Dan untuk negara – negara ASIA pada umumnya dan ASEAN pada khususnya, dimana kondisi transportasi umum yang belum memadai, baik dari sisi kenyamanan dan keamanan, maka mau tidak mau, suka tidak suka, kondisi ini akan
mendorong permintaan kendaraan pribadi yang semakin meningkat.Hal ini menyebabkan pertumbuhan industri automotive yang sangat pesat, dan kondisi ini didorong juga dengan adanya zona perdagangan ASEAN yaitu melalui AICO (Asean Industrial Cooperation) dan CEPT (Common Effective Preferential Tarrif). Dengan melalui skema perdagangan ini maka tarif import duty diantara negara-negara ASEAN akan semakin rendah dan ini akan mendorong pertumbuhan ekonomi di negara-negara ASEAN. Akibat lain dengan adanya perdagangan yang semakin terbuka tersebut maka pada perkembangan kedepan pasar ASEAN akan menjadi satu pasar global. Dan dengan demikian volume perdagangan dan utilisasi kapasitas produksi akan semakin menjadi topik yang penting dalam persaingan usaha.
Dalam menghadapi perubahan-perubahan di atas maka persaingan usaha automotive akan semakin ketat, maka semua pelaku bisnis ini dituntut untuk lebih kreatif dan innovatif dalam memasarkan produknya, dalam hal ini ada beberapa hal yang memegang peranan penting yaitu; peranan product planning dalam menentukan product positioning serta kejelian melihat peluang pasar yang ada, karena pasar akan selalu dinamis. Selain itu penentuan harga jual pada saat kendaraan dilempar ke pasar maka price positioning setting ini sangat menentukan dan akan sangat berpengaruh terhadap marketing strategy yang dijalankan oleh pemasar. Toyota dan Daihatsu yang baru-baru ini meluncurkan Avanza dan Xenia, pada bulan Januari 2004, dengan hasil penjualan yang cukup spektakuler, dan ini merupakan kerja sama antara 2 merek pemain automotive utama di Indonesia, mulai dari survei pasar, desain produk sampai produksi. Di mana produk ini tidak hanya dilempar untuk pasar Indonesia saja, tetapi juga direncanakan untuk ekspor ke beberapa negara Asia.
30002094 | 2094 | RLC MM (Server RLC) | Available |
No other version available