Text
STRATEGI BERSAING PADA KELOMPOK USAHA KECIL DAN MENENGAH (UKM) INDUSTRI PERCETAKAN (STUDI KASUS PADA PERCETAKAN CV KHARISMA PUTRA UTAMA)
Pemilihan topik pada penulisan ini di latar belakangi oleh keinginan penulis untuk memajukan sektor usaha kecil dan menengah (UKM) khususnya industri jasa percetakan dimana penulis bekerja pada saat ini. CV kharisma Putra utama adalah salah satu pelaku usaha jasa percetakan yang telah berkecimpung selama 12 tahun. Dengan mengamati perusahaan dalam upaya memenangkan persaingan dapat diperoleh gambaran mengenai persaingan yang ada. Upaya melihat strategi bersaing CV Kharisma Putra Utama dilakukan dengan mempelajari lingkungan eksternal dan internalnya.
Penulisan ini menggunakan metode analisis deskriptif. Data-data yang digunakan adalah sekunder milik CV Kharisma Putra Utama serta data-data lain yang berkaitan dengan penulisan ini. Data-data lengkap mengenai industri jasa percetakan ini memang belum banyak ditemukan termasuk apa yang dimiliki oleh CV Kharsima Putra utama.
Dalam pembahasan ditemukan bahwasanya CV Kharisma memiliki kekuatan- kekuatan dan peluang-peluang yang terbuka untuk mengembangkan usahanya. Melalui analisis lingkungan luar terlihat bahwa pada lingkungan remote baik aspek politik, sosial budaya maupun ekonomi menunjukkan adanya dukungan yang positif terhadap perkembangan usaha jasa percetakan. Demikian pula dengan lingkungan industri dan lingkungan operasi dari CV Kharisma Putra Utama. Kesemuanya mendukung pada kesimpulan CV Kharisma Putra Utama dapat berkembang menjadi perusahaan yang lebih besar dari sekarang.
30002095 | 2095 | RLC MM (Server RLC) | Available |
No other version available