Text
STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA BERDASARKAN KOMPETENSI DALAM RANGKA MENINGKATKAN FEE BASED INCOME PADA PT BANK CENTRAL ASIA, TBK
Metode penulisan karya akhir ini dilakukan secara deskriptif dengan menggunakan data sekunder melalui penelitian kepustakaan dan data primer melalui penelitian lapangan dengan mengumpulkan data-data perusahaan serta pengamatan langsung dari kegiatan bisnis bank, selain itu juga sumber informasi diperoleh dari internal perusahaan yang menjadi objek studi, yaitu PT. Bank Central Asia, Tbk (BCA), Laporan Bank Indonesia, Laporan Bank Dunia, serta hasil survei yang dilakukan oleh lembaga independen.
Berdasarkan hasil analisis menunjukan trend pendapatan fee based perbankan untuk 5 (lima) tahun ke depan akan tetap didominasi oleh principal transaction dan processing transaction. Jasa advisory belum merupakan layanan andalan sebagai sumber pendapatan Bank. Sejalan dengan visi BCA maka sumber pendapatan fee based akan lebih diarahkan ke segmen retail dan whole sale dengan principal transaction sebagai andalan serta mulai mengembangkan jasa advisory. Agar memiliki jasa keunggulan dalam fee based income maka BCA terutama memerlukan kompetensi inti relationship management, transaction processing, dan tele service.
BCA memiliki kesenjangan dalam kompentensi inti: relationship management yang disebabkan karena faktor kualitas layanan, kesenjangan dalam transaction processing yang disebabkan karena faktor tingkat produktivitas tenaga kerja, dan kesenjangan dalam tele service yang disebabkan karena faktor keahlian dalam penguasaan teknologi komunikasi. Strategi membangun sendiri kompetensi diperlukan ntuk kompetensi inti relationship management dan transaction processing, sedangkan strategi aliansi diperlukan untuk membangun kompetensi inti tele service.
30002112 | 2112 | RLC MM (Server RLC) | Available |
No other version available