Text
ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK ASURANSI KENDARAAN BERMOTOR PT ASURANSI CENTRAL ASIA DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN PRODUK SEJENIS DARI PESAING TERDEKAT
PT Asuransi Central Asia (ACA) sebagai salah satu perusahaan asuransi umum di Indonesia menyadari kondisi tersebut sehingga mulai mengarap secara serius segmen pasar yang membutuhkan produk asuransi kendaraan bermotor. Namun demikian strategi pemasaran produk asuransi kendaraan bermotor yang dijalankan selama ini belum dapat meningkatkan kinerja pemasaran seperti yang diharapkan. Hal ini sangat terkait dengan permasalahan yang dihadapi dalam implementasi strategi pemasaran yang diterapkan.
Tulisan ini akan membahas lebih banyak permasalahan dan pengembangan pada strategi pemasaran produk asuransi kendaraan bermotor ACA dengan pendekatan manajemen pemasaran dan strategi benchmarking, dimana pembahasan difokuskan hanya sampai pada tahap formulasi alternatif strategi pemasaran. Pokok-pokok penting yang menjadi tujuan tulisan adalah: 1. Mengetahui strategi pemasaran produk asuransi kendaraan bermotor ACA.
2. Mengembangkan strategi pemasaran alternatif yang efektif melalui pendekatan benchmarking dalam rangka memenangkan persaingan pasar produk asuransi kendaraan bermotor di Indonesia.
Kondisi lingkungan di luar perusahaan turut mempengaruhi kebijakan penentuan strategi yang akan diambil oleh perusahaan. Pola kecenderungan yang tengah terjadi maupun tekanan terhadap bisnis yang dijalani merupakan salah satu faktor tidak dapat dikendalikan dalam jangka pendek oleh manajemen perusahaan. Analisis pada lingkungan eksternal perusahaan ditekankan pada faktor ekonomi, sosial budaya, politik, hukum, dan teknologi. Kondisi lingkungan di luar perusahaan juga dapat menggambarkan posisi industri pada masa sekarang dan memberikan prediksi serta trend industri asuransi di masa yang akan datang. Analisis pada lingkungan industri meliputi pada unsur rivalitas dalam industri, kekuatan konsumen, kekuatan pemasok, hambatan terhadap pendatang baru, dan produk subtitusi.
Dengan menganalisis strategi pemasaran asuransi kendaraan bermotor ACA yang diterapkan pada saat ini dan membandingkannya dengan kinerja pemasaran yang telah dicapai, maka dapat diketahui apakah strategi tersebut telah efektif. Berdasarkan hasil analisis dapat diketahui bahwa strategi pemasaran yang dijalankan pada saat ini belum dapat memenuhi kinerja pemasaran seperti yang diharapkan. Permasalahan yang terdapat dalam strategi pemasaran tersebut dianalisis melalui pendekatan bauran pemasaran.
30002116 | 2116 | RLC MM (Server RLC) | Available |
No other version available