Text
STRATEGI PT. "XYZ" DALAM INDUSTRI POLYETHYLENE TEREPHTHALATE (PET RESIN) DI PASAR DOMESTIK.
Tujuan penelitian karya akhir ini adalah untuk mengetahui gambaran tentang industri Polyethylene Terephthalate (PET) Resin pada umumnya dan kondisi PT. "XYZ" pada khususnya, dalam rangka memasarkan produk PET di pasar domestik; mengetahui peluang dan kendala yang dihadapi oleh PT. "XYZ" untuk bersaing di pasar domestik; mengajukan alternatif strategi yang sebaiknya dilakukan oleh PT. "XYZ" untuk bersaing di pasar domestik.
Metode penelitian yang akan digunakan adalah metode deskriptif-analisis dengan menggunakan data primer dan data sekunder sebagai sumber dalam melakukan analisis pembahasan. Data primer diperoleh dengan cara wawancara dan tanya jawab dengan berbagai pihak yang dapat menjadi nara sumber bagi penyusunan karya akhir ini. Sedangkan data sekunder diperoleh melalui studi literatur dan mempelajari bahan yang ada dari berbagai sumber informasi yang tersedia dan berhubungan dengan penulisan karya akhir ini seperti text book, media masa, data, bahan kuliah, dan lain-lain. Metode penelitian yang akan digunakan adalah metode deskriptif-analisis dengan menggunakan data primer dan data sekunder sebagai sumber dalam melakukan analisis pembahasan. Data primer diperoleh dengan cara wawancara dan tanya jawab dengan berbagai pihak yang dapat menjadi nara sumber bagi penyusunan karya akhir ini. Sedangkan data sekunder diperoleh melalui studi literatur dan mempelajari bahan yang ada dari berbagai sumber informasi yang tersedia dan berhubungan dengan penulisan karya akhir ini seperti text book, media masa, data, bahan kuliah, dan lain-lain.
Dalam pembahasan diperoleh informasi bahwa kelemahan utama dari PT. "XYZ" adalah ada pada struktur biaya produksi yang tinggi yang antara lain disebabkan oleh kapasitas produksi yang kecil serta biaya logistik yang tinggi. Kondisi ini menyebabkan harga jual PT. "XYZ" relatif tidak kompetitif dibandingkan dengan produsen lainnya. Tetapi di lain pihak, PT. "XYZ" juga mempunyai kekuatan yang bisa dijadikan competitive advantage-nya, yaitu dalam hal inovasi dan kualitas produk karena didukung oleh R&D yang kuat, kekuatan finansial, dan reputasi perusahaan. Dari hasil analisis faktor-faktor eksternal-internal perusahaan serta analisis pesaing PT. "XYZ", maka strategi yang paling tepat yang harus diambil oleh PT. "XYZ" dalam rangka mempertahankan competitive position nya adalah Intensive Strategy yang berfokus terhadap strategi Product Development. Tujuan dari strategi ini adalah untuk meningkatkan penjualan dengan cara meningkatkan atau memodifikasi produk-produk yang ada dalam rangka memperluas aplikasi produk tersebut untuk berbagai kemasan yang belum menggunakan PET sebagai bahan bakunya.
30002151 | 2151 | RLC MM (Server RLC) | Available |
No other version available