Text
ANALISIS EFEKTIVITAS STRATEGI ACC MEMPERTAHANKAN DIRI SEBAGAI MARKET LEADER DALAM MENGHADAPI ANCAMAN TA FINANCE SEBAGAI NEW ENTRANTS
Pada penelitian ini, dengan menggunakan Five Forces Porter maka dapat dilihat bahwa ancaman dari new entrants merupakan bagian yang panting dan untuk industri pembiayaan barrier to entry cukup rendah. Jika tidak terdapat barrier to cagy bagi new entrants, maka hal itu merupakan suatu kesempatan bagi pendatang baru untuk masuk ke dalam pasar atau perusahaan yang sudah ada untuk melakukan ekspansi.
Astra Credit Companies (ACC) sebagai market leader mendapat ancaman dari existing competitor maupun new entrants. Masuknya perusahaan pembiayaan baru yaitu TA Finance merupakan ancaman yang besar bagi ACC. Ancaman masalah yang dihadapi oleh ACC adalah terjadinya penurunan pangsa pasar (marker share erosion) dan income.
ACC menggunakan strategi market expansion untuk menghadapi masuknya TA Finance sebagai new entrants melalui perluasan pembiayaan Non Astra dan kendaraan bekas. Seberapa efektif strategi ini digunakan oleh perusahaan dilihat berdasarkan performance keuangan dari perusahaan.
Hasil dari performance perusahaan menunjukkan strategi tersebut kurang efektif. Dengan demikian sebagai usulan tambahan strategi, maka perusahaan dapat menggunakan strategi defense. Dengan menggunakan strategi ini, ACC dapat mempertahankan eeisrirrg customer-nya melalui peningkatan kualitas proses pembiayaan yang dilakukannya. Hal ini dilakukan dengan memanfaatkan kesempatan di saat jaringan 'FA Finance belum luas dan juga untuk menguatkan ikatan loyalitas pelanggan yang sudah ada terhadap ACC.
30002743 | 2743 | RLC MM (Server RLC) | Available |
No other version available