Text
DETERMINAN PENAWARAN DAN PERMINTAAN KREDIT USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH PADA PERBANKAN INDONESIA
Sektor Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) mempunyai peranan penting dalam upaya penanggulangan kemiskinan, penyediaan lapangan pekerjaan dan peningkatan nilai ekspor Indonesia. Namun UMKM sulit mengembangkan usahanya karena terbentur memperoleh pembiayaan dari pihak eksternal khususnya bank. Perbankan enggan melakukan pembiayaan karena karakteristik UMKM yang belum mampu memenuhi persyaratan dari bank dalam hal penyediaan jaminan. Oleh sebab itu, Pemerintah mengambil langkah mengambil kebijakan untuk mendorong perbankan menyalurkan kredit kepada sektor UMKM. Salah satunya melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang diluncurkan sejak November 2007. Penelitian ini disusun untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran dan permintaan kredit UMKM dengan menggunakan sampel KUR periode triwulan 3 tahun 2009 sampai dengan triwulan 4 tahun 2014. Variabel dalam penelitian ini yang diduga mempengaruhi penawaran kredit UMKM baik secara parsial maupun simultan yaitu suku bunga rata-rata kredit (RATE), dana pihak ketiga (DPK), non performing loan (NPL) dan bank size (SIZE). Sedangkan variabel yang diduga mempengaruhi permintaan kredit UMKM yaitu RATE dan pertumbuhan UMKM. Penelitian ini menggunakan model two stage least square (2SLS) karena kesamaan variabel dependen pada model penawaran dan permintaan kredit yaitu outstanding KUR.
30003081 | 3081 | RLC MM (Server RLC) | Available |
No other version available