Text
PENGEMBANGAN RENCANA AKSI GUNA MENAMBAH JUMLAH PELANGGAN PT CORBEC COMMUNICATION, PERUSAHAAN PENYEDIA LAYANAN AKSES INTERNET
Di Indonesia, internet terus berkembang setiap tahunnya. Berdasarkan angka yang diberikan oleh APJII, pengelola liX, menunjukkan bahwa jumlah pelanggan pengguna internet terus meningkat. Angka tersebut menarik banyak perusahaan yang bergerak di bidang IT untuk ikut terjun ke pasar. Semakin banyaknya perusahaan yang masuk ke pasar ini membuat tingkat persaingan semakin ketat. Tingkat persaingan ini juga berdampak pada Corbec sebagai salah satu perusahaan Internet Service Provider (ISP). Jumlah pelanggan mereka terus menurun sejak akhir 2004 hingga Juni 2006. Jumlah apartemen dan gedung perkantoran yang menggunakan akses jaringan Corbec juga terus menurun. Survei pelanggan pada bulan Agustus 2005 menunjukkan bahwa banyak pelanggan apartemen Corbec yang sudah beralih ke layanan internet pesaing Corbec.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat beberapa hal, yaitu apa dampak finansial dari menurunnya jumlah pelanggan Corbec terhadap keuangan perusahaan, bagaimana penawaran Corbec bersaing dengan pesaing mereka dan rencana tindakan apa yang dapat diambil oleh Corbec untuk mengatasi masalah ini. Ada beberapa hal yang dapat ditemukan setelah melakukan identifikasi kondisi keuangan Corbec. Jumlah pelanggan di kedua segmen tersebut sudah mencapai standar minimum. Namun, jumlah tersebut tidak dapat memberikan kontribusi besar terhadap keuangan perusahaan. Penawaran layanan yang diberikan oleh Corbec lebih rendah daripada pesaing mereka di kedua segmen pelanggan tersebut sehingga mereka memiliki Kualitas layanan internet yang buruk juga membuat banyak pelanggan mereka mengganti penyedia layanan mereka. Corbec tidak dapat memenuhi kebutuhan pelanggan apartemen mereka terutama dalam menyediakan layanan internet yang teratur untuk mendukung aktivitas harian pelanggan.
30003258 | 3258 | RLC MM (Server RLC) | Available |
No other version available