Text
VALUASI PERUSAHAAN STARTUP PT KIOSON KOMERSIAL INDONESIA TBK
Valuasi dilakukan pada PT Kioson Komersial Indonesia Tbk yang merupakan perusahaan startup Indonesia pertama yang melakukan IPO. Kioson menjalani bisnis socio-commerce dengan menerapkan model bisnis O2O (online to offline). Kioson bekerja sama dengan UMKM untuk menjangkau pasar yang belum terjangkau dunia digital. Tujuan dari valuasi adalah untuk mengetahui nilai ekuitas dan nilai per lembar saham PT Kioson Komersial Indonesia Tbk, serta potensi dan kewajaran dari nilai per lembar saham PT Kioson Komersial Indonesia Tbk. Valuasi dilakukan dengan pendekatan pendapatan menggunakan metode Discounted Cash Flow (DCF) dengan menggunakan model arus kas Free Cash Flow to Firm (FCFF) dan Free Cash Flow to Equity (FCFE). Valuasi terdiri dari dua periode, yaitu Periode Waktu tetap selama 10 tahun dan periode terminal setelah tahun ke-10. Perhitungan Cost of Equity dilakukan dengan menggunakan Capital Asset Pricing Model (CAPM) dan Cost of Capital dihitung dengan menggunakan Weighted Average Cost of Capital (WACC). Berdasarkan hasil valuasi, dengan nilai cost of equity sebesar 12,74% dan nilai cost of capital sebesar 12,59%, Nilai Ekuitas PT Kioson Komersial Indonesia Tbk adalah sebesar Rp4.333.727.166.420 atau dibulatkan menjadi Rp4.333.728.000.000 dan Nilai per Lembar Saham PT Kioson Komersial Indonesia Tbk adalah sebesar Rp6.667, bernilai lebih besar dari Nilai per Lembar saham per tanggal 31 Desember 2017
sebesar Rp2.910. Hal ini menunjukkan bahwa harga saham Kioson berpotensi akan meningkat di masa mendatang. Berdasarkan Simulasi Monte Carlo, Nilai per lembar saham Rp2.910 merupakan nilai yang wajar dengan probabilitas tercapai sebesar 94,96%.
30005862 | 5862 | RLC MM (Server RLC) | Available |
No other version available