Text
PENGARUH BRAND EXPERIENCE DALAM MEMBANGUN CONSUMER BASED BRAND EQUITY (CBBE) PADA APLIKASI TRANSPORTASI ONLINE DI INDONESIA: MEDIASI EMOTIONAL BRAND ATTACHMENT
Ditengah ketidakpastian ekonomi akibat penyebaran virus corona, memiliki jumlah cash holding yang optimal akan membantu perusahaan bertahan saat terjadi krisis. Direktur utama memiliki peran yang penting dalam menentukan kebijakan strategis perusahaan seperti investasi dan pembiayaan. Banyak faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan seorang pemimpin yakni mulai dari pertimbangan rasional maupun emosional, bahkan faktor psikologis pemimpin itu sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana pengaruh gender, usia, dan pendidikan direktur utama terhadap kebijakan cash holding sebelum dan selama pandemi. Populasi penelitian ini yaitu seluruh perusahaan non-keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2020. Metode pemilihan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dan sidapatkan jumlah observasi sebanyak 1323 observasi, setelah dikurangi dengan sampel yang outlier menjadi 1194 observasi. Analisis yang digunakan yaitu regresi data panel dengan Fixed Effect dengan penimbang General least square yaitu cross section weight dengan robust coefficient covariances dengan metode Cross-section SUR (PCSE) serta dilakukan uji interaksi dengan mengalikan variabel bebas dengan variabel dummy Covid-19 dengan Random Effect. Faktor usia dan pendidikan menjadi unik dalam penelitian ini karena penelitian sebelumnya di Indonesia sejauh yang kami ketahui belum memasukkan karakteristik ini, dan terdapatnya perbedaan waktu dalam penelitian yang dilakukan yaitu sebelum dan saat pandemi. Bedasarkan hasil regresi data panel didapatkan bahwa jenis kelamin dan usia berpengaruh signifikan positif terhadap cash holding, tetapi pendidikan tidak berpengaruh. Selama pandemi Covid-19 terjadi peningkat cash holding baik oleh direktur wanita maupun pria serta direktur dengan tingkat pendidikan S1 dan lebih rendah maupun S2 dan lebih tinggi. Covid-19 sebagai variabel moderasi tidak dapat menjelaskan hubungan antara gender dan cash holding, usia dan cash holding, serta pendidikan dan cash holding. Direktur wanita dan direktur yang berusia tua menyimpan lebih banyak uang dengan alasan berjaga-jaga, dan kurang peduli terhadap biaya peluang dari kas tersebut, serta takut dalam mengambil risiko.
30006633 | 6633 | RLC MM (Server RLC) | Available |
No other version available