RLC MM FEB-UI

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of ANALISIS SENTIMEN DAN PEMODELAN TOPIK PEMBAHASAN PUBLIK TERHADAP GERAKAN NASIONAL BANGGA BUATAN INDONESIA PADA MEDIA SOSIAL TWITTER MENGGUNAKAN BIG DATA ANALYTICS

Text

ANALISIS SENTIMEN DAN PEMODELAN TOPIK PEMBAHASAN PUBLIK TERHADAP GERAKAN NASIONAL BANGGA BUATAN INDONESIA PADA MEDIA SOSIAL TWITTER MENGGUNAKAN BIG DATA ANALYTICS

CHANDRA, ILHAM PANDIKA HARIS - Personal Name; SUBROTO, ATHOR - Personal Name;

Twitter merupakan salah satu media sosial yang digunakan oleh netizen untuk mengakses dan mendiskusikan isu-isu nasional. Melalui Twitter, sebuah organisasi dan/atau individu dapat secara aktif mempromosikan agenda mereka dan memobilisasi aksi dan kampanye sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi analisis sentimen di Twitter terkait kampanye Bangga Buatan Indonesia yang diadakan oleh pemerintah Indonesia melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika. Jenis penelitian ini adalah cross sectional. Desain ini dipilih karena data diambil dari Twitter dalam rentang waktu 18 bulan terakhir (Mei 2020 – Desember 2021). Pengambilan data menggunakan Twitter API dan dianalisis menggunakan R. Studio 4.1.2 dengan algoritma Naïve Bayes. Data yang didapatkan dari twitter yaitu 49,833 tweet, dengan total 8,699 tweet yang diolah untuk analisis sentimen. Berdasarkan hasil analisis sentimen tweet, sentimen positif mendominasi diikuti sentimen netral dan sentimen negatif dengan pemodelan topik meliputi Nasionalisme, UMKM, dan Politik & Ekonomi. Akurasi model menunjukkan nilai hingga 82%. Hasil penelitian ini akan bermanfaat bagi beberapa pihak khususnya Pemerintah Indonesia untuk lebih memahami sentimen masyarakat terhadap program kampanye yang dilakukan untuk mendorong etnosentrisme masyarakat Indonesia terhadap produk buatan dalam negeri


Availability
300067986798RLC MM (Rak Tesis)Available
Detail Information
Series Title
Tesis
Statement of Responsibility
Ilham Pandika Haris Chandra
Call Number
6798
Publisher
Salemba, Jakarta : Magister Manajemen FEB UI., 2022
Collation
in processus
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
650
Content Type
text
Edition
-
Subject(s)
Tesis
Empirik
Manajemen Umum
Social Media
Identify Sentiment
Twitter
Campaigns
Cross Sectional
Domestically Made Products - Indonesia
Text Mining
2022
Specific Detail Info
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment

RLC MM FEB-UI
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

RLC MM-FEBUI (Library) occupies the right side of the ground floor of the MM FEB UI Building with a reading room capacity of more than 60 people.
 
The MM-FEB UI library service system is closed (closed access); where the user does not have direct access to the collection shelf. Or in other words, users are not allowed to take their own books from the collection shelf

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject


© 2025 — RLC MM FEB UI

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search