Text
ANALISIS SENTIMEN DAN PEMODELAN TOPIK PEMBAHASAN PUBLIK TERHADAP GERAKAN NASIONAL BANGGA BUATAN INDONESIA PADA MEDIA SOSIAL TWITTER MENGGUNAKAN BIG DATA ANALYTICS
Twitter merupakan salah satu media sosial yang digunakan oleh netizen untuk mengakses dan mendiskusikan isu-isu nasional. Melalui Twitter, sebuah organisasi dan/atau individu dapat secara aktif mempromosikan agenda mereka dan memobilisasi aksi dan kampanye sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi analisis sentimen di Twitter terkait kampanye Bangga Buatan Indonesia yang diadakan oleh pemerintah Indonesia melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika. Jenis penelitian ini adalah cross sectional. Desain ini dipilih karena data diambil dari Twitter dalam rentang waktu 18 bulan terakhir (Mei 2020 – Desember 2021). Pengambilan data menggunakan Twitter API dan dianalisis menggunakan R. Studio 4.1.2 dengan algoritma Naïve Bayes. Data yang didapatkan dari twitter yaitu 49,833 tweet, dengan total 8,699 tweet yang diolah untuk analisis sentimen. Berdasarkan hasil analisis sentimen tweet, sentimen positif mendominasi diikuti sentimen netral dan sentimen negatif dengan pemodelan topik meliputi Nasionalisme, UMKM, dan Politik & Ekonomi. Akurasi model menunjukkan nilai hingga 82%. Hasil penelitian ini akan bermanfaat bagi beberapa pihak khususnya Pemerintah Indonesia untuk lebih memahami sentimen masyarakat terhadap program kampanye yang dilakukan untuk mendorong etnosentrisme masyarakat Indonesia terhadap produk buatan dalam negeri
30006798 | 6798 | RLC MM (Rak Tesis) | Available |
No other version available