Text
PENGARUH WORKLOAD DAN JOB STRESS TERHADAP EMPLOYEE PERFORMANCE DARI PEGAWAI BANK KONVENSIONAL DENGAN JOB SATISFACTION SEBAGAI MEDIATOR
Pada era digitalisasi perbankan, jumlah pegawai perbankan dari tahun ke tahun semakin menyusut seiring dengan perkembangan digitalisasi dan semakin berkurangnya jumlah jaringan kantor bank. Pengurangan pegawai di sektor perbankan akan berdampak pada kinerja pegawai karena jumlah pekerjaan yang tidak proporsional dengan jumlah pegawai yang ada. Employee performance merupakan salah satu faktor penting dalam mencapai tingkat produktivitas yang baik dalam perusahaan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja pegawai pegawai perbankan di Indonesia.
Data empiris dikumpulkan dari 207 pegawai bank konvensional dengan menggunakan metode survei online. Analisis dalam penelitian ini dilakukan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) untuk menguji hipotesis yang diajukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bagaimana workload dan job stress berpengaruh secara negatif terhadap employee performance, serta bagaimana job satisfaction berpengaruh secara positif terhadap employee performance. Dari hasil penelitian juga didapatkan hasil bahwa workload dan job stress berpengaruh secara negatif terhadap job satisfaction, dengan demikian didapatkan juga kesimpulan bahwa job satisfaction berhasil memediasi hubungan workload dan job stress terhadap employee performance. Secara keseluruhan, hasil penelitian ini akan memberikan kontribusi bagi sektor perbankan dalam mencegah terjadinya job
stress yang dialami pegawai untuk meningkatkan employee performance bank konvensional.
No copy data
No other version available