Text
THE CORPORATE STARTUP: FORMULA SUKSES PERUSAHAAN MAPAN MENGEMBANGKAN EKOSISTEM INOVASI
Perusahaan besar harus berinovasi atau mati. Tinggal bagaimana caranya. Perusahaan perlu panduan; sebuah perjalanan yang bisa memulai proses perubahan organisasi mereka menjadi mesin inovasi. The Corporate Startup adalah panduan tersebut. Buku ini berisi metodologi yang sudah teruji—seperti penerapan prinsip Lean Startup dan sebagainya—untuk membangun budaya inovasi."
- Ben Yoskovitz, salah satu penulis Lean Analytics dan Mitra Pendiri Highland BETA.
Teknologi dan perangkat lunak telah mengubah wajah bisnis, dan akan terus menciptakan semakin banyak perubahan yang dramatis. Jika jajaran pemimpin perusahaan sampai tak menyadari betapa perubahan-perubahan ini berdampak pada bisnisnya, mereka pasti sedang dalam penyangkalan yang sedemikian rupa. Pura-pura tidak melihat bukan lagi pilihan yang bisa diambil. Pimpinan perusahaan harus mulai merespons. Inovasi tidak lagi bisa dianggap sebagai kerja sampingan. Inovasi adalah cara untuk berbisnis di abad ke-21 dan merupakan penentu bagi pertumbuhan yang berkelanjutan.
Kenyamanan dalam status quo memang bisa menjadi kelemahan. Jajaran pemimpin di perusahaan sukses bisa menjadi ‘penyangkal perubahan iklim’. Maksudnya, mereka bisa melihat perubahan yang terjadi di dunia bisnis, tapi mereka menyangkal hal tersebut berpengaruh pada perusahaannya. Penyangkalan ini paling kuat ketika perusahaan mereka masih baik-baik saja. Kebanyakan perusahaan besar yang sukses, fokusnya adalah pada produk-produk utama yang memiliki pendapatan dan keuntungan tinggi. Jika saat ini perusahaan masih memperoleh keuntungan yang besar dari produk-produk yang ada, maka rasa puas diri dari kesuksesan tersebut bisa menimbulkan titik buta. Terlalu sederhana jika hanya menyarankan agar perusahaan-perusahaan tersebut bertindak layaknya startup.
Perusahaan besar bukanlah startup, dan mereka tidak harus berkembang menjadi startup. Banyak perusahaan besar yang pernah bekerja sama dengan kami mengeluh, bahwa harapan agar mereka bertindak sebagai startup tidaklah realistis, mengingat pekerjaan sehari-hari mereka adalah menjalankan perusahaan yang sudah telanjur sukses dan berkeuntungan besar.
Buku ini terdiri atas dua bagian.
Bagian I menyajikan lima prinsip dasar yang bisa digunakan oleh perusahaan mapan untuk membangun ekosistem inovasinya.
Bagian II membahas bagaimana ekosistem ini dihidupkan melalui praktik inovasi.
Buku ini membahas tentang cara mengembangkan, mengelola, dan memelihara inovasi dalam lingkup perusahaan yang mapan. Target utama buku ini adalah organisasi besar dan menengah, walaupun pengetahuan yang sama bisa berguna juga bagi perusahaan kecil dan startup
10001160 | 658.04 VIK c | RLC MM (Rak Buku Wajib) | Available |
10001158 | 658.04 VIK c (1) | RLC MM (Rak Buku Wajib) | Available |
No other version available