Text
LOYALITAS KONSUMEN DALAM MENGONSUMSI PLANT-BASED MEAT ALTERNATIVES: PENGARUH MOTIVASI DAN SUBJECTIVE WELL-BEING
Jumlah vegetarian dan restoran yang menyediakan menu dengan daging alternatif berbasis nabati meningkat di Indonesia. Adanya kesadaran untuk memilih makanan lebih sehat menjadi salah satu dorongan peningkatan tersebut terjadi, namun ternyata masih ada beberapa alasan lain dalam mengonsumsi daging alternatif ini. Penelitian ini ingin mengetahui hubungan antara motivasi, yang dikategorikan menjadi push dan pull, terhadap subjective well-being dan loyalitas pada pelanggan vegetarian Indonesia. Penelitian kuantitatif ini dilakukan dengan kuesioner yang disebarkan secara daring dan melibatkan 204 responden. Analisis data dilakukan dengan uji validitas, reliabilitas, deskriptif, dan PLS-SEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua kelompok motivasi berpengaruh signifikan dan positif terhadap subjective well-being, namun push motivation memiliki pengaruh yang lebih signifikan. Perceived vitality dan affective well-being sebagai dua komponen subjective well-being berpengaruh signifikan dan positif pada loyalitas. Implikasi dari penelitian ini adalah menjadi salah satu acuan bagi manajemen dan pemasar dalam membuat strategi promosi pada produk daging berbasis nabati berdasarkan kepentingan vegetarian dalam memilih makanan.
30006893 | 6893 | RLC MM (Rak Tesis) | Available |
No other version available