Text
ANALISIS PENGARUH PRAKTIK MANAJEMEN SDM DAN WORKING ATMOSPHERE TERHADAP INTENTION TO STAY YANG DIMEDIASI OLEH KEPUASAN KERJA: STUDI KASUS PADA TENAGA KERJA KESEHATAN DI KLINIK KECANTIKANANALISIS PENGARUH PRAKTIK MANAJEMEN SDM DAN WORKING ATMOSPHERE TERHADAP INTENTION TO STAY YANG DI MEDIASI OLEH KEPUASAN KERJA: STUDI KASUS PADA TENAGA KERJA KESEHATAN DI KLINIK KECANTIKAN
Dalam beberapa tahun terakhir, banyak dokter dan petugas kesehatan lainnya memilih untuk bekerja di industri kecantikan estetika. Berdasarkan data Statista, (2021) pasar kecantikan dan perawatan tubuh di Indonesia pada tahun 2021 akan mencapai 7,46 miliar USD dan diperkirakan akan tumbuh meningkat menjadi 7,25% pada tahun 2023. Oleh karena itu, penting untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang dapat memengaruhi tenaga kesehatan bekerja di klinik kecantikan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner menggunakan skala Likert 5 poin. Dengan menggunakan teknik SEM, diperoleh sampel sebanyak 237 tenaga kesehatan yang bekerja di klinik kecantikan. Temuan menunjukkan bahwa praktik manajemen SDM dan working atmosphere secara positif dan signifikan memengaruhi kepuasan kerja dan pada akhirnya meningkatkan niat mereka untuk tetap tinggal. Dengan demikian, kepuasan kerja berperan dalam memediasi pengaruh praktik manajemen sumber daya manusia terhadap niat untuk tetap tinggal. Studi ini menyiratkan bahwa organisasi kesehatan harus lebih memerhatikan praktik manajemen sumber daya manusia dan suasana kerja untuk meningkatkan kepuasan kerja petugas kesehatan sehingga mempengaruhi niat untuk tinggal. Selain itu, praktik manajemen SDM dan lingkungan kerja yang efisien dapat meningkatkan kualitas layanan kesehatan dan meminimalkan kesalahan pengobatan.
30006942 | 6942 | RLC MM (Rak Tesis) | Available |
No other version available