Text
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI CUSTOMER LOYALTY PADA PELANGGAN REST AREA JALAN TOL TRANSJAWA DI INDONESIA
Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi dan menganalisis hubungan antara revisit intention dan customer loyalty, serta perceived price justice, perceived satisfaction, dan service quality. Pendekatan analisis statistik digunakan dengan metode Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) terhadap 573 responden yang merupakan konsumen rest area jalan tol Trans Jawa. Survei dilakukan langsung kepada pelanggan rest area tol Trans Jawa di 15 lokasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perceived price justice dan perceived satisfaction berpengaruh positif dan signifikan terhadap revisit intention, dan revisit intention memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap customer loyalty. Service quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap perceived satisfaction dan customer loyalty. Temuan penelitian menunjukkan bahwa service quality yang paling kuat dipengaruhi oleh assurance, responsiveness, dan empathy, merupakan faktor utama yang mempengaruhi customer loyalty dalam penelitian ini. Aplikasi praktis berdasarkan hasil penelitian ini adalah bagaimana pengelola rest area jalan tol dapat meningkatkan service quality, perceived price justice, dan perceived satisfaction bagi konsumen yang sensitif terhadap harga, yang juga cenderung peka terhadap kualitas layanan yang mereka dapatkan.
30006997 | 6997 | RLC MM (Rak Tesis) | Available |
No other version available