Text
KAJIAN TERHADAP PENGARUH PERCEIVED ORGANIZATIONAL SUPPORT, SERVANT LEADERSHIP, & PROACTIVE PERSONALITY TERHADAP WORK ENGAGEMENT DAN EMPLOYEE PERFORMANCE (STUDI EMPIRIS PADA ORGANISASI KEUANGAN PEMERINTAH DI INDONESIA)
Perubahan lingkungan bisnis yang dinamis dan disruptif memaksa manajemen untuk memiliki strategi dalam melakukan pengelolan SDM secara memadai. SDM memiliki peran kritikal dalam mencapai kinerja organisasi melalui dukungan job resources yang berasal dari lingkungan bekerja. Perubahan paradigma pada sektor publik terhadap pengelolaan SDM semakin menuju ke arah yang efektif dan efisien. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis hubungan antara perceived organizational support (POS) dan servant leadership terhadap employee performance melalui peran mediasi work engagement pada Aparatur Sipil Negara (ASN) Organisasi Keuangan Pemerintah. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan cross-sectional study melalui survei kuesioner google form dengan sampel sebanyak 305 responden ASN yang berkedudukan di Kantor Pusat Organisasi Keuangan Pemerintah. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan metode Covariance Based – Structural Equation Modeling (CB-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa POS dan servant leadership memiliki pengaruh positif signifikan terhadap work engagement. Selanjutnya, work engagement mampu memediasi secara penuh dan signifikan hubungan POS dan servant leadership terhadap employee performance, serta work engagement memiliki pengaruh positif signifikan terhadap employee performance. Penelitian ini memiliki kontribusi terhadap implikasi manajerial untuk dapat diterapkan bagi organisasi, pimpinan, dan individu pada sektor publik terkait konsep yang berkaitan dengan variabel yang diteliti.
30007062 | 7062 | RLC MM (Rak Tesis) | Available |
No other version available