Text
PENGARUH ORANG TUA, TEMAN SEBAYA DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PERILAKU KEUANGAN GENERASI Z
Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui bagaimana pengaruh teman sebaya, orang tua dan media sosial terhadap perilaku, sikap dan pengetahuan keuangan pada generasi Z. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif yang menggunakan model SEM dengan bantuan aplikasi AMOS untuk mengolah data penelitian yang didapatkan melalui hasil penyebaran kuisioner online. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa teman sebaya memiliki dampak positif terhadap perilaku, sikap, dan pengetahuan keuangan generasi Z, teman sebaya dapat memberikan inspirasi, motivasi, atau tekanan sosial agar generasi Z mengadopsi praktik keuangan tertentu. Variabel orang tua memiliki pengaruh terhadap perilaku, sikap, dan pengetahuan keuangan generasi Z yang sejalan dengan pengaruh teman sebaya. Variabel media sosial juga ditemukan memiliki dampak yang positif terhadap perilaku, sikap, dan pengetahuan keuangan generasi Z, generasi Z terpapar dengan berbagai konten terkait keuangan, termasuk iklan, promosi, dan cerita sukses yang berkaitan dengan investasi atau gaya hidup konsumtif melalui media sosial. Dari variabel-variabel ini dibuktikan bahwa setiap variabel memiliki pengaruh terhadap keuangan generasi Z.
30007094 | 7094 | RLC MM (Rak Tesis) | Available |
No other version available