Text
IMPLEMENTASI TURNAROUND STRATEGY PADA PERUSAHAAN START-UP PT EXIMKU LOGISTIK INDONESIA
Turnaround Strategy merupakan strategi yang digunakan oleh perusahaan start-up untuk menghadapi berbagai masalah yang mempengaruhi kelangsungan hidup perusahaan seperti kehabisan dana, kegagalan dalam mendapatkan modal baru, kekurangan sumber daya, manajemen yang buruk dan eksposur lingkungan serta perubahaan orientasi perusahaan start-up yang semula fokus pada revenue generation menjadi profit orientation. Penelitian ini menunjukkan bagaimana perusahaan start-up mengimplementasikan strategi turnaround dengan menggunakan pendekatan studi kasus pada perusahaan start-up PT Eximku Logistik Indonesia (“Perusahaan”). Selain itu, untuk mengukur dampak implementasi strategi turnaround, penelitian ini menggunakan rasio keuangan untuk mengukur kinerja keuangan dan Z-Altman Score untuk mengukur risiko kebangkrutan perusahaan. Penelitian ini menunjukkan bahwa perusahaan dalam implementasi strategi turnaround yang dimulai pada tahun 2022 melaksanakan taktis strategi untuk merubah arah perusahaan yang semula berfokus pada peningkatan pendapatan dan perluasan pasar menjadi peningkatan profitabilitas dan efisiensi dengan cara penghematan beban operasi, perbaikan arus kas operasi, dan perbaikan pengendalian internal. Dampak implementasi strategi turnaround pada tahun 2022 menunjukkan perbaikan pada arus kas operasi, profitabilitas dan efisiensi yang diukur dengan rasio keuangan. Terdapat pula perbaikan pada risiko kebangkrutan perusahaan yang diukur dengan Z-Altman Score. Namun, perusahaan masih dalam kondisi rugi dan arus kas negatif, sehingga perusahaan sebaiknya melanjutkan implementasi strategi turnaround sampai dengan mencapai laba bersih dan arus kas positif.
30007119 | 7119 | RLC MM (Rak Tesis) | Available |
No other version available