RLC MM FEB-UI

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of ANALISIS SENTIMEN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN BANK CENTRAL ASIA: TEXT MINING CUITAN SATPAM BCA PADA TWITTER

Text

ANALISIS SENTIMEN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN BANK CENTRAL ASIA: TEXT MINING CUITAN SATPAM BCA PADA TWITTER

NUSANTARA, RIZALDY MUHAMMAD - Personal Name; SUBROTO, ATHOR - Personal Name;

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis sentiment pada layanan satpam BCA dengan menyelidiki respon masyarakat terhadap trendingnya topik satpam BCA di akhir tahun 2021 dengan kata kunci “Satpam BCA” dan mengulik kualitas layanan satpam BCA. Penelitian ini menggunakan Twitter API pada RStudio untuk mengumpulkan data serta text mining untuk melakukan analisis sentimen. Delapan perasaan dan dua sentimen tambahan digunakan dalam penelitian ini diantaranya adalah jijik, marah, antisipasi, gembira, takut, sedih, keterkejutan, sentimen positif dan negatif. Analisis sentimen dilakukan dengan text mining kemudian dilakukan klasifikasi dengan Naïve Bayes Classifier untuk dilakukan analisis prediktif dengan confusion matrix. Hasil analisis dari 1.115 data cuitan yang terkumpul adalah tiga perasaan dan sentimen yang paling banyak muncul dari data cuitan satpam BCA adalah positif, kepercayaan, dan gembira, yang menunjukkan kualitas petugas keamanan bank yang baik memiliki dampak yang baik juga terhadap persepsi masyarakat tentang bank. Analisis prediktif yang dilakukan menunjukkan prediksi yang akurat dalam memprediksi kualitas layanan topik satpam BCA. Penelitian ini baru dalam mengukur kualitas layanan dari analisis sentimen, khususnya dalam mengevaluasi kualitas layanan non-inti pada perbankan, dan memprediksi kualitas layanan dari data cuitan Twitter.


Availability
300072107210RLC MM (Rak Tesis)Available
Detail Information
Series Title
Tesis
Statement of Responsibility
Rizaldy Muhammad Nusantara
Call Number
7210
Publisher
Salemba, Jakarta : Magister Manajemen FEB UI., 2023
Collation
xi, 53 p. : ill. ; 30 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
650
Content Type
text
Edition
-
Subject(s)
Tesis
Big Data
Manajemen Umum
Twitter
Text Mining
Service Quality
Sentiment Analysis
2023
Specific Detail Info
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment

RLC MM FEB-UI
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

RLC MM-FEBUI (Library) occupies the right side of the ground floor of the MM FEB UI Building with a reading room capacity of more than 60 people.
 
The MM-FEB UI library service system is closed (closed access); where the user does not have direct access to the collection shelf. Or in other words, users are not allowed to take their own books from the collection shelf

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject


© 2025 — RLC MM FEB UI

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search