Text
ANALISIS SENTIMEN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN BANK CENTRAL ASIA: TEXT MINING CUITAN SATPAM BCA PADA TWITTER
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis sentiment pada layanan satpam BCA dengan menyelidiki respon masyarakat terhadap trendingnya topik satpam BCA di akhir tahun 2021 dengan kata kunci “Satpam BCA” dan mengulik kualitas layanan satpam BCA. Penelitian ini menggunakan Twitter API pada RStudio untuk mengumpulkan data serta text mining untuk melakukan analisis sentimen. Delapan perasaan dan dua sentimen tambahan digunakan dalam penelitian ini diantaranya adalah jijik, marah, antisipasi, gembira, takut, sedih, keterkejutan, sentimen positif dan negatif. Analisis sentimen dilakukan dengan text mining kemudian dilakukan klasifikasi dengan Naïve Bayes Classifier untuk dilakukan analisis prediktif dengan confusion matrix. Hasil analisis dari 1.115 data cuitan yang terkumpul adalah tiga perasaan dan sentimen yang paling banyak muncul dari data cuitan satpam BCA adalah positif, kepercayaan, dan gembira, yang menunjukkan kualitas petugas keamanan bank yang baik memiliki dampak yang baik juga terhadap persepsi masyarakat tentang bank. Analisis prediktif yang dilakukan menunjukkan prediksi yang akurat dalam memprediksi kualitas layanan topik satpam BCA. Penelitian ini baru dalam mengukur kualitas layanan dari analisis sentimen, khususnya dalam mengevaluasi kualitas layanan non-inti pada perbankan, dan memprediksi kualitas layanan dari data cuitan Twitter.
30007210 | 7210 | RLC MM (Rak Tesis) | Available |
No other version available