Text
SENTIMEN INVESTOR DAN IPO PUZZLE DI INDONESIA
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh sentimen investor di media sosial terhadap fenomena IPO puzzle perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menggunakan analisis sentimen pada media sosial Twitter untuk mengukur sentimen investor dan dampaknya terhadap IPO puzzle dengan menggunakan text mining dan klasifikasi support vector machines (SVM). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 121.945 pesan dari 360 perusahaan di Indonesia yang melakukan IPO di Bursa Efek Indonesia antara tahun 2011 hingga 2021 setelah dilakukan filtering. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sentimen investor pada media sosial berpengaruh positif signifikan terhadap IPO puzzle, hal ini menunjukkan bahwa sentimen investor pada media sosial dapat mempengaruhi harga IPO di pasar saham Indonesia. Studi ini berkontribusi pada literatur IPO puzzle dan sentimen investor, memberikan wawasan bagi investor dan praktisi di pasar saham Indonesia.
30007230 | 7230 | RLC MM (Rak Tesis) | Available |
No other version available