Text
PENGARUH SOCIAL INTERACTION, DIGITAL CELEBRITIES RELATIONSHIP DAN SALE PRONENESS TERHADAP ONLINE IMPULSE BUYING DI TIKTOK SHOP
Seiring perkembangan e-commerce yang terus berlanjut, peran platform media sosial telah berkembang secara signifikan menjadi sebuah marketplace yang dapat memiliki kekuatan tersendiri dalam mendominasi pasar atau disebut social commerce. Dalam konteks ini, keberadaan digital celebrities di media sosial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku konsumen, melalui dukungan dan interaksi mereka yang membentuk keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi perilaku konsumen dalam pembelian impulsif di social commerce. Beberapa faktor diuji: social interaction, website ease of use, perceived
usefulness, positive affect, parasocial relationship with digital celebrities, dan sale proneness. Menggunakan kuesioner online, penelitian ini berhasil mengumpulkan data dari 303 pengguna aplikasi TikTok yang sering menggunakan fitur TikTok Shop. Model Persamaan Struktural (SEM) digunakan untuk menganalisis data dan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa interaksi sosial, hubungan parasosial dengan selebriti digital, dan sale proneness terbukti memengaruhi dorongan untuk membeli secara impulsif sehingga akhirnya melakukan perilaku pembelian impulsif.
30007238 | 7238 | RLC MM (Rak Tesis) | Available |
No other version available