Text
FAKTOR PENENTU WILLINGNESS TO ADOPT & PAY PADA SMART HOME: APLIKASI TEORI UTAUT 2
Smart home merupakan salah satu Internet of Thing (IoT) yang sedang berkembang di Indonesia. Pengguna Smart home di Indonesia berjumlah 1,1 juta pengguna pada Januari 2023. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk melihat faktor-faktor yang menentukan kesediaan adopsi (Willingness to Adopt) dan menggeluarkan uang (Willingness to Pay) untuk menggunakan Smart home. Penelitian ini menggunakan Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT 2) serta menambahkan Government Support dan Trust dalam mencari hubungan dari faktor-faktor yang mempengaruhi. Penelitian dilakukan dengan cara survey secara daring pada 353 orang responden yang memiliki tempat tinggal/rumah milik pribadi dan belum menggunakan Smart home. Analisa data penelitian menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan software SMARTPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Facilitating Conditions, Habit, Government Support dan Trust mempengaruhi Willingness to Adopt secara positif dan signifikan. Kemudian, hasil penelitian lainnya menunjukkan bahwa Facilitating Condition, Price Value, Social Influence, dan Willingness to Adopt mempengaruhi secara positif dan signifikan pada Willingness to Pay Smart home. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan insight dan masukan pada perkembangan Smart home di Indonesia.
30007239 | 7239 | RLC MM (Rak Tesis) | Available |
No other version available