Text
DETERMINAN INTENSI PEMBELIAN KONSUMEN TERHADAP ELEKTRONIK REFURBISHED DAN RECYCLED DALAM KONTEKS EKONOMI SIRKULAR
Peningkatan permintaan dan konsumsi produk elektronik telah menyebabkan peningkatan limbah elektronik dan menimbulkan tantangan untuk mengurangi dampak lingkungan serta mencapai keberlanjutan. Oleh karena itu, upaya transisi menuju ekonomi sirkular yang melibatkan berbagai pihak, termasuk konsumen, diperlukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi hubungan antara faktor-faktor yang memengaruhi niat pembelian konsumen terhadap produk ekonomi sirkular, yang fokus kepada elektronik refurbished dan elektronik recycled. Studi ini memperluas theory planned behaviour (TPB) dengan menambahkan variabel environmental concern dan
perceived risk. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebar secara online dengan metode non-probabilty sampling. Analisis dilakukan menggunakan Partial Least Squares-Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Berdasarkan sampel data 289 responden, hasil penelitian menunjukkan bahwa attitude, subjective norm, perceived
behavioral control dan perceived risk memengaruhi niat pembelian konsumen terkait elektronik refurbished dan recycled. Temuan lainnya adalah environmental concern berperan sebagai pendorong positif di seluruh faktor TPB, sementara perceived risk memberikan dampak negatif pada attitude konsumen.
30007259 | 7259 | RLC MM (Rak Tesis) | Available |
No other version available