Text
PENGARUH RELATIONAL BENEFITS TERHADAP LOYALTY DAN PERAN RELATIONSHIP QUALITY PADA PRODUK JASA KURIR PT POS INDONESIA
Kemajuan teknologi telah mengakibatkan berkembangnya layanan e-commerce, sehingga meningkatkan permintaan dan persaingan terhadap jasa kurir di Indonesia. Pos Indonesia, sebagai pelopor dalam layanan kurir, kini menghadapi persaingan dari pemain industri seperti JNE, J&T, SiCepat, dan lainnya, yang menerapkan strategi berfokus pada pemberian relational benefits. Relational Benefits ini meliputi fasilitas diskon khusus, pengambilan barang gratis, serta pembentukan hubungan sosial dan kepercayaan melalui teknologi terintegrasi. Namun, berbeda dengan temuan penelitian sebelumnya, manfaat-manfaat bawaan ini tidak selalu berkontribusi signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran relational benefits, dengan relationship quality sebagai variabel mediasi, dalam meningkatkan loyalitas pelanggan dalam konteks upaya Pos Indonesia untuk mempertahankan pelanggan setianya melalui berbagai inovasi. Melalui metode kuantitatif, penelitian ini melibatkan 205 responden yang telah menggunakan layanan Pos Indonesia dalam 6 bulan terakhir. Metode PLS-SEM digunakan untuk menganalisis data. Penelitian ini meunjukkan bahwa niat pembelian ulang meningkat seiring dengan meningkatnya kualitas hubungan yaitu kepercayaan dan kepuasan, dengan manfaat kepercayaan dan sosial yang telah dibangun. Secara mengejutkan, manfaat perlakuan khusus tidak memengaruhi perilaku loyalitas konsumen.
30007261 | 7261 | RLC MM (Rak Tesis) | Available |
No other version available