Text
TRANSFORMASI DIGITAL UNTUK MEMAJUKAN RURAL TOURISM DI INDONESIA (STUDI KASUS: PT TEKNOLOGI PANDU WISATA)
Penelitian ini bertujuan untuk menilik peran transformasi digital dalam meningkatkan industri rural tourism, dengan fokus pada PT Teknologi Pandu Wisata (Pandooin). Era digital telah memengaruhi signifikan rural tourism, namun, masih terdapat kekurangan dalam standarisasi penilaian kualitas paket wisata yang menyulitkan para wisatawan
dalam pemilihan destinasi yang sesuai dengan preferensi mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji bagaimana Pandooin memanfaatkan preferensi konsumen guna meningkatkan perceived quality suatu produk wisata, menggali peran marketplace dalam meningkatkan online purchase intention, dan mengevaluasi dampak fitur custom itinerary terhadap customer satisfaction dalam konteks rural tourism. Tujuan spesifik melibatkan pembentukan sistem rating yang komprehensif bagi paket wisata, analisis kegunaan marketplace, dan evaluasi fitur custom itinerary. Penelitian ini juga berkontribusi terhadap pengembangan teori pelayanan, terutama bagi model SERVQUAL yang dikombinasikan dengan E-SERVQUAL, dengan mengeksplorasi dimensi baru yang melibatkan keamanan dan layanan tambahan seperti dokumentasi perjalanan, serta fleksibilitas website yang mungkin belum sepenuhnya tercakup dalam model-model pelayanan tradisional. Dengan menerapkan triangulasi data dari narasumber yang melibatkan pelaku usaha di daerah, tim internal Pandooin, dan wisatawan/pengguna, serta mengadopsi pendekatan kualitatif melalui in-depth interview. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan wawasan yang mendalam tentang peran digitalisasi dalam meningkatkan kualitas rural tourism serta menyumbang pada pengembangan teori pelayanan yang lebih holistik dan relevan.
30007263 | 7263 | RLC MM (Rak Tesis) | Available |
No other version available