Text
PENGELOLAAN RISIKO USAHA
Menurut Milton C Regan dalam bukunya “Risky Business” menjelaskan bahwa pengertian manajemen risiko adalah penerapan beragam kebijakan dan prosedur untuk meminimalisasi peristiwa yang menurunkan kapasitas dan kualitas kerja perusahaan. Sementara itu menurut Noshworthy, pengertian manajemen risiko adalah usaha mengurangi risiko dalam proses pelaksanaan teknis dan pengambilan keputusan bisnis. Sederhananya, dapat kita simpulkan bahwa manajemen risiko adalah sebuah proses yang digunakan untuk mengawasi, mengelola, dan mengambil keputusan guna menghindari risiko kerugian atau inefisiensi bisnis. Jika anda adalah seorang pengusaha, maka memahami proses manajemen risiko adalah salah satu keahlian esensial untuk Anda miliki. Selengkapnya tentang pengertian manajemen risiko, proses, tujuan, manfaat, dan contohnya bisa Anda simak di bawah ini.
Dalam kehidupan sehari-hari kita selalu berhadapan dengan ketidakpastian (uncertainty), sehingga seringkali hasil yang kita peroleh tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan. Begitu pula dalam menjalankan sebuah perusahaan atau usaha. Begitu banyak faktor yang dapat menyebabkan return yang kita peroleh tidak sesuai dengan perencanaan semula, pendek kata “the only thing certain in business is the uncertainty”. Konsep ketidaksamaan dalam bisnis kemudian populer dikenal sebagai “risiko” (risk). Oleh sebab itu, keilmuan tentang manajemen risiko mulai menjadi satu disiplin ilmu yang sangat populer dan berkembvang di seluruh dunia, yaitu yang dikenal sebagai Enterprise Risk Management (ERM).
10001231 | 658.155 HAN p | RLC MM (Rak Buku Umum) | Available |
No other version available