RLC MM FEB-UI

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of SENTIMENT ANALYSIS DAN FORECASTING KINERJA BERDASARKAN ONLINE REVIEW HOTEL HARPER M. T. HARYONO JAKARTA

Text

SENTIMENT ANALYSIS DAN FORECASTING KINERJA BERDASARKAN ONLINE REVIEW HOTEL HARPER M. T. HARYONO JAKARTA

KUSUMAWISANTO, RIZKI AULIA - Personal Name; SUBROTO, ATHOR - Personal Name;

Industri perhotelan, terutama segmen hotel bintang tiga, menghadapi persaingan yang semakin intensif akibat pertumbuhan jumlah pelancong yang mencari akomodasi berkualitas dengan harga terjangkau. Penelitian ini difokuskan pada Hotel Harper M.T. Haryono di Jakarta, yang berusaha memahami lebih dalam tentang bagaimana ulasan online dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja dan citra hotel. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menganalisis sentimen pelanggan berdasarkan ulasan online dan mengembangkan model forecasting untuk memprediksi tingkat hunian hotel. Metode yang digunakan meliputi analisis sentimen menggunakan algoritma Naive Bayes dan pembuatan model forecasting ARIMAX, yang mengintegrasikan data sentimen dari ulasan dengan data historis tingkat hunian hotel. Penelitian ini menggunakan data ulasan online yang dikumpulkan dari tahun 2020 hingga 2023, mencakup periode sebelum dan selama pandemi COVID-19, yang memberikan konteks tambahan pada analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas kamar dan kebersihan adalah faktor kunci yang mempengaruhi sentimen pelanggan, dengan ulasan negatif yang signifikan mempengaruhi prediksi tingkat hunian. Melalui model forecasting yang dikembangkan, hotel dapat mengidentifikasi tren masa depan dan merespons secara proaktif terhadap ekspektasi pelanggan. Selanjutnya, analisis ini membantu Hotel Harper M.T. Haryono dalam merumuskan strategi operasional dan pemasaran yang lebih efektif, berdasarkan pemahaman yang lebih baik tentang sentimen pelanggan dan dinamika pasar. Penelitian ini menawarkan wawasan berharga bagi industri perhotelan mengenai pemanfaatan teknologi informasi untuk mengoptimalkan layanan dan kinerja operasional di era digital.


Availability
300074007400RLC MM (Rak Tesis)Available
Detail Information
Series Title
-
Statement of Responsibility
Rizki Aulia Kusumawisanto
Call Number
7400
Publisher
Salemba, Jakarta : Magister Manajemen FEB UI., 2024
Collation
xi, 59 p. : ill. ; 30 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
650
Content Type
-
Edition
-
Subject(s)
Manajemen Keuangan
Tesis
Forecasting
Sentiment Analysis
Hotel Reviews
Specific Detail Info
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment

RLC MM FEB-UI
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

RLC MM-FEBUI (Library) occupies the right side of the ground floor of the MM FEB UI Building with a reading room capacity of more than 60 people.
 
The MM-FEB UI library service system is closed (closed access); where the user does not have direct access to the collection shelf. Or in other words, users are not allowed to take their own books from the collection shelf

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject


© 2025 — RLC MM FEB UI

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search