Text
OPTIMALISASI KINERJA ORGANISASI STUDI KASUS PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN KINERJA DI TRADING CO.
Tinjauan konseptual penelitian ini didasarkan pada kebutuhan akan sistem manajemen kinerja yang efektif dalam organisasi. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa sistem manajemen kinerja yang efektif secara signifikan berkontribusi pada pencapaian bisnis. Conversation-based performance management system memperkenalkan model sistem manajemen kinerja berbasis umpan balik (percakapan) yang didasarkan pada social exchange theory (SET) yang mengasumsikan bahwa diskusi antara atasan dan bawahan mendorong hubungan timbal balik yang positif yang mendukung efektivitas implementasi sistem manajemen kinerja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas sistem manajemen kinerja yang diterapkan oleh sebuah perusahaan perdagangan menengah swasta di Indonesia untuk memastikan kesesuaiannya terhadap tujuan organisasi. Studi kualitatif ini dilakukan dengan wawancara semi-terstruktur terhadap tiga orang Dewan Direksi, tiga orang Grup Human Resource Development (HRD), dua orang Manajer Lini, dan dua orang Staf, serta focus group discussion terhadap empat orang Manajer Senior. Penelitian ini menemukan beberapa kesenjangan implementasi sistem manajemen kinerja terutama tidak adanya proses umpan balik yang menjadi inti dari model ini. Faktor-faktor yang diidentifikasi sebagai penyebab kesenjangan ini mencakup keselarasan tujuan, frekuensi umpan balik, pengembangan keterampilan, formalitas, desain, fungsi pengembangan, dukungan, budaya, dan keterkaitan dengan sistem lainnya. Penelitian ini menekankan pentingnya umpan balik dan mengeksplorasi efektivitas sistem dari berbagai perspektif serta memberikan wawasan yang berkontribusi pada literatur tentang sistem manajemen kinerja khususnya pendekatan berbasis percakapan di perusahaan swasta kelas menengah di Indonesia.
30007408 | 7408 | RLC MM (Rak Tesis) | Available |
No other version available