Text
PENGARUH KUALITAS SISTEM, KUALITAS INFORMASI, KUALITAS LAYANAN, DAN SELF-EFFICACY TERHADAP FLOW DAN KEPUASAN PESERTA PELATIHAN JARAK JAUH PADA ORGANISASI KEUANGAN PEMERINTAH DI INDONESIA
Pandemi Covid-19 telah memicu terjadinya akselerasi metode pembelajaran yang dilakukan secara jarak jauh. Adanya fleksibilitas dan manfaat yang dirasakan dari sistem pembelajaran jarak jauh membuat sistem ini masih diterapkan walaupun pandemi telah berakhir, begitu pula pada sektor publik. Sesuai dengan tujuannya yang berorientasi pada kepentingan publik, kepuasan pengguna layanan tentunya menjadi hal yang utama bagi organisasi sektor publik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan, self-efficacy, terhadap flow dan kepuasan peserta pelatihan jarak jauh di masa setelah pandemi pada organisasi sektor publik. Data penelitian dikumpulkan melalui survei secara online terhadap peserta pelatihan jarak jauh pada Organisasi Keuangan Pemerintah di Indonesia. Data sebanyak 945 telah dikumpulkan, 198 data yang tidak memenuhi pertanyaan screening dan outlier dikeluarkan sehingga terdapat 701 data yang dianalisis lebih lanjut. Metode analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modelling dengan menggunakan Lisrel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas sistem dan kualitas informasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan peserta pelatihan jarak jauh. Kualitas informasi, kualitas layanan, dan self-efficacy memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan peserta pelatihan jarak jauh melalui mediasi flow. Penelitian ini memberikan kontribusi di bidang manajemen sumber daya manusia terkait faktor apa saja yang perlu diperhatikan oleh organisasi sektor publik terutama penyelenggara pelatihan untuk dapat meningkatkan kepuasan peserta pelatihan jarak jauh.
30007415 | 7415 | RLC MM (Rak Tesis) | Available |
No other version available