Text
MENJELAJAHI DINAMIKA PENGAMBILAN KEPUTUSAN BISNIS DALAM PENGADAAN CAIRAN INFUS: ANALISIS YANG BERPUSAT PADA PENGGUNA DAN PENGAMBIL KEPUTUSAN DI RUMAH SAKIT INDONESIA
Dalam penelitian ini, peneliti berusaha menggali lebih dalam mengenai pemilihan cairan infus di rumah sakit di Jakarta. Tujuan utamanya adalah untuk mengidentifikasi atribut-atribut penting yang memengaruhi keputusan dalam memilih produk cairan infus. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, yang melibatkan wawancara dengan decision maker utama dan user/pengguna produk cairan infus di empat rumah sakit di wilayah Jakarta: Rumah Sakit Kanker Dharmais, RSUD Pasar Rebo, RS Kartika Husada, dan RSUD Mampang Prapatan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga atribut yang dominan dalam pemilihan produk cairan infus, yaitu harga, kualitas, dan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN). Para decision maker di rumah sakit menganggap bahwa harga sebagai faktor kunci karena berhubungan dengan efisiensi rumah sakit. Di sisi lain, pengguna produk cairan infus menempatkan kualitas sebagai atribut paling penting karena berdampak pada produktivitas kerja, keselamatan pasien dan petugas kesehatan. TKDN juga memainkan peran kuat di rumah sakit pemerintah.
Pengambil keputusan pembelian merek tertentu di rumah sakit berasal dari pihak farmasi dan pengadaan. Di rumah sakit swasta, direktur rumah sakit memiliki peran sentral dalam keputusan pembelian obat, dengan atribut harga sebagai kriteria utama. Sedangkan di rumah sakit yang melayani pasien kanker, atribut kualitas menjadi prioritas dalam pemilihan cairan infus. Penelitian ini bisa memberikan gambaran/peluang terkait bisnis cairan infus dengan menerapkan strategi pemasaran yang sesuai dengan kriteria seleksi rumah sakit.
30007426 | 7426 | RLC MM (Rak Tesis) | Available |
No other version available