Text
ANALISIS FAKTOR PENDORONG DIGITAL NEWSPAPER PAID SUBSCRIPTION
Era digital telah memberikan banyak manfaat dan kemudahan bagi setiap orang dalam menjalankan hidupnya. Salah satunya adalah kemudahan dalam mengakses informasi serta berita dengan adanya platform berita dan koran elektronik (digital newspaper). Namun, menarik pelanggan berbayar untuk koran elektronik masih menjadi tantangan bagi perusahaan media. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan (customer satisfaction) dan langganan berbayar terhadap koran elektronik (digital newspaper paid subscription). Penelitian ini menggunakan metode PLS-SEM untuk meneliti dan menganalisis dampak kualitas dan layanan situs koran elektronik terhadap customer satisfaction dan digital newspaper paid subscription. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner secara online kepada 212 responden yang sedang aktif melakukan langganan berbayar terhadap koran elektronik di Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa harga (price point), layanan peiode langganan yang fleksibel (flexible service), kenyamanan akses situs (convenience), kualitas berita (news quality), dan komitmen (commitment) memberikan pengaruh positif terhadap customer satisfaction, dan customer satisfaction berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan untuk melakukan langganan berbayar terhadap digital newspaper paid subscription. Temuan ini menekankan pentingnya harga, layanan periode langganan yang fleksibel, kenyamanan akses situs, kualitas berita, komitmen, kepuasan pelanggan, dan peran mereka dalam mendorong langganan berbayar untuk koran elektronik. Penelitian ini berkontribusi pada literatur yang ada tentang langganan koran elektronik dengan mengeksplorasi faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan. Hasil penelitian ini dapat memberikan implikasi kepada para perusahaan koran elektronik untuk menyusun strategi dan kebijakan dalam menyediakan layanannya, agar dapat meningkatkan pelanggan berbayar dan mempertahankan posisi kompetitifnya.
30007439 | 7439 | RLC MM (Rak Tesis) | Available |
No other version available